nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Tanaman Paling Bersejarah di Dunia, Salah Satunya di Indonesia!

Intan Afika, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 12:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 18 406 2067751 3-tanaman-paling-bersejarah-di-dunia-salah-satunya-di-indonesia-YTXBIzgU5n.jpg Teratai raksasa di Kebun Raya Bogor

Rupanya bukan hanya bangunan saja yang memiliki nilai sejarah. Tanaman ternyata juga mempunyai nilai sejarah yang layak untuk diketahui generasi milenial saat ini. Seperti dilansir Seasia Senin (17/6/2019), berikut adalah tiga tanaman paling bersejarah di dunia:

1. Teratai raksasa

Teratai raksasa di Kebun Raya Bogor

(Foto: Shutterstock)

Bagi warga Jakarta tentu tak asing dengan Kebun Raya Bogor. sejatinya, teratai raksasa di Kebun Raya Bogor di Jawa Barat, Indonesia, tidak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi namun juga memegang rekor. Teratai raksasa di Kebun Raya Bogor merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Bahkan daunnya bisa tumbuh mencapai diameter 10 kaki dan bunganya bisa mencapai diameter 1,3 kaki. Hal yang paling mengesankan adalah daun teratai tersebut mampu menampung beban hingga 299 pound tanpa tenggelam!

Sejarahnya, teratai raksasa di Kebun Raya Bogor ini benihnya pertama kali dikirim oleh Kebun Raya Amsterdam yang merupakan salah satu kebun raya tertua di dunia. Pengiriman benih teratai raksasa itu dilakukan pada 1960 sebagai pemberian hadiah.

2. Almond Liar

Almond liar di Kebun Raya Kirstenbosch

 (Foto: Seasia)

Jika Anda mengunjungi Kebun Raya Kirstenbosch di Cape Town, Afrika Selatan, maka Anda akan menemukan deretan pagar almond liar. Tanaman yang indah ini rupanya memiliki lebih banyak nilai sejarah daripada sebagian besar tanaman lainnya.

Almond liar ini ditanam oleh Jan Van Riebeeck. Ia merupakan penjelajah berkebangsaan Belanda yang pertama kali membuat koloni di Afrika Selatan pada 1652.

Kala itu, ia mendirikan Koloni Tanjung Belanda sebagai pos perdagangan utama dan pemukiman Eropa pertama di Afrika Selatan.

Tanaman almond liar itu pada awalnya ditanam untuk membangun perlindungan bagi koloni Belanda. Bahkan tanaman itu hingga saat ini masih tumbuh dengan usia lebih dari 350 tahun.

3. Cannonball

 Pohon Cannonball di Kebun Raya Peradeniya

(Foto: Shutterstock)

Kebun Raya Peradeniya dibangun pada abad ke-14 ketika Raja Wickramabahu III mendirikan istananya di dekat Sungai Mahaweli di Sri Lanka.

Namun kebun raya itu belum menjadi kebun raya resmi hingga penjelajah bernama Alexander Moon mulai menanam tanaman kopi di daerah tersebut.

Pohon Cannonball selama ini terkenal karena buahnya yang besar menyerupai meriam. Pohon tersebut merupakan hadiah dari Raja George V dan Ratu Mary dari Inggris pada tahun 1901. Bunga Cannonball bentuknya sangat indah dengan warna merah muda merona dan oranye.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini