nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Penggemar Yoga Siap Ramaikan Candi Prambanan di Hari Yoga Internasional

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 10:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 18 481 2067696 ribuan-penggemar-yoga-siap-ramaikan-candi-prambanan-di-hari-yoga-internasional-ILPhwNvEZk.jpg Indonesia gelar Hari Yoga Internasional (Foto : Tiara/Okezone)

Beberapa tahun terakhir, olahraga yoga menjadi populer di tengah masyarakat dunia. Terbukti dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk mempelajari olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, serta pernapasan tersebut. Sejumlah acara besar menyangkut yoga pun selalu ramai dikunjungi oleh para pencintanya. Salah satunya adalah International Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga International.

Sekadar informasi, pada 11 Desember 2014 Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional lantaran hari tersebut merupakan hari terpanjang dalam setahun di belahan bumi utara. Hari yang disebut Summer Solstice itu juga memiliki makna khusus di banyak bagian dunia.

Sejak saat itulah IDY dirayakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang berbagai manfaat yoga bagi individu, keluarga, dan masyarakat. Indonesia adalah salah satu negara yang turut menyelenggarakan perayaan dan penggagasnya adalah Kedutaan Besar India serta Konsulat Jenderal India di Medan dan Bali.

Yoga Sehat

Memasuki tahun kelima, tahun ini IDY di Indonesia digelar di 5 kota yaitu Bali, Makassar, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta. Acara yang menyelenggarakan berbagai kegiatan yoga itu menyatukan diharapkan bisa menjadikan olahraga tersebut sebagai media untuk menciptakan perdamaian dan harmoni. Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan yoga adalah salah satu dari kedamaian batin dan keselarasan dengan dunia luar melalui kesejahteraan fisik, mental dan spiritual.

Gelaran IDY ke-5 telah dimulai pada 16 Juni lalu di Bali, tepatnya di depan monumen Bajra Sandhi. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah, seribu praktisi yoga, dan teman-teman pencinta yoga. Sedangkan gelaran di 4 kota lainnya akan dilaksanakan bersamaan pada 23 Juni mendatang. Namun fokusnya terdapat pada gelaran acara di Yogyakarta.

Di kota gudeg tersebut, Hari Yoga Internasional akan diselenggarakan di Candi Prambanan yang melambangkan koneksi budaya dan spiritual serta menjadi penghubung antara India dan Indonesia. Diperkirakan gelaran tersebut akan dihadiri oleh ribuan penggemar yoga termasuk dari kalangan masyarakat. Untuk mencapai target tersebut, Kedubes India bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan pengelola Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini