nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penyebab Anda Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 11:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 481 2067730 5-penyebab-anda-menstruasi-dua-kali-dalam-sebulan-WAJ25xllsU.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM satu bulan, idealnya seorang wanita mengalami menstruasi hanya satu kali. Tapi, banyak juga yang justru mengalaminya lebih dari sekali dalam jangka waktu satu bulan.

Ternyata menurut Lakeisha Richardson, M.D., seorang dokter kandungan di Amerika Serikat, hal ini tidak selalu abnormal. Lantas apa penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan? Berikut berbagai faktor yang menyebabkan seseorang haid dua kali dalam sebulan.


1. Perubahan siklus sesekali

Dokter Lakeisha menyatakan bahwa siklus haid rata-rata seorang wanita berkisar antara 21 hingga 35 hari dan berlangsung selama 2 sampai 7 hari. Terkadang, seseorang memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek hingga membuatnya mengalami dua kali haid dalam sebulan.

Oleh karena itu, mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan tidak selalu menandakan adanya masalah. Setelahnya, bisa jadi siklusnya kembali normal seperti sedia kala.

jika terus berulang, Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Perubahan yang sesekali ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika terus berulang, Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya.


2. Perubahan hormon

Hormon sangat memengaruhi siklus haid seseorang. Pada wanita muda di usia pubertas misalnya, perubahan hormon masih rentan naik turun sehingga siklus menstruasinya sering tidak teratur, kadang lebih pendek atau justru lebih lama dari biasanya. Tidak mengherankan jika banyak remaja perempuan yang mengalami haid dua kali dalam satu bulan.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan butuh waktu sekitar 6 tahun untuk memiliki siklus yang teratur terhitung sejak pertama kali haid.

Selain hormon di masa pubertas, ketidakseimbangan yang terjadi ketika stres dan menuju menopause juga bisa menyebabkan haid yang tidak teratur.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini