nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pantangan Makanan Atlet yang Jarang Kamu Ketahui, Apa Saja?

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 22:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 18 481 2068035 pantangan-makanan-atlet-yang-jarang-kamu-ketahui-apa-saja-kJDezHSM8t.jpg Petenis Indonesia Beatrice Gumulya & Jessy Rompies (Foto: Ist)

PERFORMA seorang atlet di lapangan erat kaitannya dengan asupan nutrisinya. Tak heran bila para atlet sangat menjaga makanannya. Petenis Indonesia Jessy Rompies dan Beatrice Gumulya miliki rahasia dibalik stamina kuat di lapangan pertandingan, seperti apa?

Kepada Okezone, Jessie memilih tidak menghilangkan karbohidrat sama sekali dalam setiap menu makannya, meskipun ada batasannya.

"Karena kita kan butuh energi setiap di pertandingan, jadi saya tidak menghilangkan nasi dalam setiap menu makan sehari-hari. Tentu makanan yang dikonsumsi pun harus sehat dan bergizi," katanya dalam acara Konfrensi pers Pertamina 25K ITF Womens Circuit Jakarta, belum lama ini.

Selama masa pelatihan menuju pertandingan tersebut, Jessy juga menjelaskan bahwa ada sejumlah pantangan, mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh para atlet.

Para atlet difokuskan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak protein dan karbohidrat, serta mengurangi yang mengandung gula.

"Jangan makan kentang goreng banyak-banyak. Jangan gorengan. Kurangin konsumsi daging karena proses pengolahan di perut sangat lama mencernanya. "Makanan yang disarankan itu Ayam, pasta, nasi yang cepet dicerna dan dibakar," bebernya.

Sedangkan menurut petenis Beatrice Gumulya, tidak ada diet yang dilakukan hingga ekstrem jelang pertandingan. dengan menjaga pola makan dan gaya hidup menurut adik kandung Sandy Gumulya ini, cukup menjaga stamina dirinya di lapangan.

Bahkan, gadis yang sudah berlatih tenis sejak 7 tahun ini tidak menghilangkan nasi dalam daftar menu harian.

"Makan seperti biasa saja. Karbohidrat juga penting, karena kalau kita mau main, karbohidrat sangat cepat diserap. Karbohidrat juga buat energi juga di satu pertandingan," tutup atlet kelahirtan 1 Januari.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini