nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Teh Sebelum Tidur Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 23:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 18 481 2068038 minum-teh-sebelum-tidur-bisa-bantu-turunkan-berat-badan-WLckNFbCdy.jpg Minuman teh (Foto: Healthywoman)

BEBERAPA orang mungkin ada yang sudah berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan tapi tak kunjung berhasil. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena gaya hidup yang kurang sehat. Bukan karena makanan maupun rutinitas olahraga, melainkan karena kurangnya tidur dan stres.

Jika seseorang memiliki stres tingkat tinggi dalam waktu berkepanjangan, maka dirinya bisa menyimpan lebih banyak lemak di sekitar perut bagian bawah yang membuat berat badan bertambah.

Belum lagi stres biasanya memengaruhi pola tidur seseorang. Dirinya bisa mengalami kesulitan tidur alias insomnia. Untuk itu, orang tersebut perlu mengelola stresnya dan mendapatkan waktu tidur yang cukup serta berkualitas.

Melansir Teh Sun, Selasa (18/6/2019), ada cara mudah untuk meningkatkan kualitas tidur sekaligus turunkan berat badan. Jenis teh yang diminum bukanlah berkafein tinggi melainkan teh herbal. Teh jenis ini dapat memuaskan hasrat manis, menenangkan pikiran, dan mempersiapkan tubuh untuk istirahat .Ada beberapa jenis teh yang bisa dikonsumsi, antara lain :

Teh kayu manis

Kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan. Secara alami kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang artinya membantu tubuh menghilangkan lemak dan mengurangi beban stres fisik secara keseluruhan. Kayu manis juga diklaim meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah yang merupakan faktor penting untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kayu manis dapat meningkatkan metabolisme karena tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk memprosesnya.

 Minum teh

Teh chamomile

Chamomile memiliki efek mengantuk dan menenangkan. Orang-orang Romawi, Yunani, dan Mesir menggunakan ramuan itu sebagai pembalut luka untuk membantu sembuh lebih cepat. Saat ini, chamomile dikenal untuk membantu meredakan kejang otot, kram perut, dan gangguan pencernaan bahkan penurunan berat badan. Mengandung bahan-bahan penyembuhan seperti apigenin dan bisabolol, chamomile dapat membantu orang untuk tidur.

Teh peppermint

Saat merasa lelah dan pusing, banyak orang yang cenderung mengemil sepanjang hari sehingga berpotensi menambah berat badannya. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi teh peppermint yang dikatakan dapat membangkitkan indera dengan berbagai cara. Peppermint meredakan sakit kepala karena tegang dan sinus tersumbat, meningkatkan energi, serta meningkatkan kualitas tidur. Teh ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

 Minum teh

Teh Rooibos

Roobios adalah teh Afrika Selatan yang terbuat dari daun teh fermentasi semak Aspalathus linearis. Rasanya manis yang bersumber dari bahan kimia di dalam tanaman. Bahan kimia tersebut diklaim dapat memerangi obesitas. Sebuah studi tahun 2014 menemukan teh ini dapat mempercepat penurunan berat badan dengan meningkatkan kadar leptin.

Teh Pu-Er

Sebuah studi tahun 2016 menemukan efek pembakaran lemak dari minum teh Pu-Er setiap hari membantu 59 orang yang kelebihan berat badan atau obesitas untuk mengurangi indeks massa tubuh dalam waktu empat minggu. Konsumsi teh tersebut dapat mengurangi lemak di lengan, kaki, dan perut. Selain itu, teh ini juga meredakan nafsu makan.

1
2

Berita Terkait

Tips Menurunkan Berat Badan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini