nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Akhir Pekan, Yuk Lihat 3 Spesies Makhluk Laut Dalam di Jakarta

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 15:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 19 406 2068312 jelang-akhir-pekan-yuk-lihat-3-spesies-makhluk-laut-dalam-di-jakarta-IKaYG9MSEe.jpg Ilustrasi spesies laut dalam (Foto: Leonardus/Okezone)

Liburan tak akan seru tanpa mengajak keluarga tercinta untuk berjalan-jalan sambil memberikan edukasi. Ya, tak perlu jauh-jauh untuk ke luar kota maupun ke luar negeri. Cukup di Jakarta saja, Anda sudah bisa memberikan liburan sekaligus edukasi kepada sang buah hati tercinta.

Belum lama ini sebuah tempat rekreasi bawah laut di Jakarta telah kehadiran tiga spesies baru hewan yang berasal dari laut dalam. Beberapa spesies tersebut adalah Gurita Pasifik Raksasa, Kutu Laut Raksasa dan Naga Laut Berdaun atau Naga Laut Rumput. Tiga hewan ini untuk pertama kalinya hadir di Indonesia setelah didatangkan dari lautan dalam di pasifik.

 Spesies laut

Direktur Jakarta Aquarium, Will Owens, mengatakan pihaknya sengaja mendatangkan tiga spesies hewan baru ini dengan tujuan menghadirkan edukasi sekaligus entertaiment (edutaiment).

“Kami mendatangkan tiga spesies hewan laut ini dengan tujuan ingin menghadirkan edutainment sebagai destinasi bermain keluarga sambil memperoleh informasi yang baik tentang hewan yang ada di planet ini,” terang Will Owens, dalam acara Jakarta Aquarium, Rabu (19/6/2019).

 Spesies laut

Kurator Jakarta Akuarium, Aaron Jup, juga mengatakan bahwa mendatangkan tiga spesies hewan laut ini tidaklah mudah. Terdapat banyak proses yang harus dilalui hingga akhirnya hewan yang menghuni laut dalam ini bisa tiba di Jakarta dengan sehat dan selamat.

“Sangat sulit karena laut dalam memiliki suhu yang sangat ekstrem. Dan mereka tidak bisa masuk langsung masuk exhibit tapi memerlukan proses karantina jadi memiliki proses yang lama. Makanan pun khusus tidak bisa sembarangan,” terang Aaron.

 Spesies laut

Di sisi perawatan pun tiga spesies hewan ini juga harus melewati tahapan pembasmian bakteri. Hal ini berfungsi untuk mencegah penyakit datang dan mengancam kelangsungan hidup hewan tersebut.

“Ketiga hewan itu juga harus melewati 10 kali pembasmian bakteri yang dibawa dari lingkungan dan dari diri mereka sendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari mereka dari berbagai penyakit berbahaya saat sudah berada di dalam exhibit,” tuntasnya di Jakarta.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini