nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal 3 Spesies Baru Hewan Laut Dalam di Jakarta

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 16:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 19 406 2068353 mengenal-3-spesies-baru-hewan-laut-dalam-di-jakarta-KqsbupuYfb.jpg Ilustrasi gurita raksasa (Foto: Haydensanimalfacts)

Salah satu tempat rekreasi bawah laut ibu kota, Jakarta Aquarium telah kedatangan tiga spesies baru dalam koleksinya. Hewan ini berasal dari lautan dalam di Pasifik dan siap untuk disaksikan oleh para pengunjung yang penasaran.

Tiga hewan unik ini adalah Gurita Pasifik Raksasa, Kutu Laut Raksasa dan Naga Laut Berdaun & Naga Laut Rumput. Beberapa dari Anda pastinya penasaran dan tidak familier dengan beberapa hewan ini.

Sebagaimana diketahui, untuk bisa melihat hewan ini, Anda harus menyelam cukup jauh ke dalam laut. Pasalnya habitat mereka terdapat di laut dalam. Namun, bagi kalian yang tidak bisa menyelam bisa melihat hewan-hewan tersebut dalam akuarium raksasa di tempat ini.

Dalam artikel ini Okezone akan membahas tentang keunikan tiga spesies hewan laut dalam yang hadir dalam akuarium raksasa ini. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Gurita Pasifik Raksasa

 Spesies laut

Hewan ini termasuk salah satu yang cerdas dan cantik. Memiliki delapan lengan lengkap dengan cakram hisap. Gurita betina memiliki sekira 2.240 penghisap sementara pejantan memiliki 100 alat penghisap yang jumlahnya lebih sedikit.

Gurita ini memiliki cengkraman kuat dan mampu mendeteksi rasa serta bau serta mampu memasuki lubang yang ukurannya lebih kecil daripada tutup botol. Hewan ini juga mampu mengubah warna kulitnya dan berbaur dengan bebatuan.

2. Kutu Laut Raksasa

 Spesies laut

Selintas Anda akan membayangkan kutu yang terdapat pada tubuh anjing atau kutu rambut yang ada di kepala manusia. Namun, kutu laut berbeda seperti yang Anda bayangkan. Mereka ini adalah kerabat dekat udang dan kepiting yang hidup di kedalaman 160 - 2.300 meter di bawah laut.

Kutu laut ini mampu hidup selama lima tahun tanpa makanan. Mereka memiliki empat set rahang yang berbeda. Rahang ini membantu mereka merobek dan memotong mangsa. Untuk mendeteksi mangsanya mereka menggunakan dua antena yang bisa merasakan kandungan kimia dan indera fisik.

3. Naga Laut Berdaun & Naga Laut Rumput

 Spesies laut

Bentuknya tidak serupa dengan naga-naga yang ada dalam legenda. Mereka menyerupai kuda laut dalam hal ukuran dan bentuk tubuh. Mereka memiliki sirip kecil seperti daun untuk menyamarkan mereka dari serangan predator.

Meskipun mirip, tapi mereka bukanlah kuda laut. Mereka masuk dalam spesies naga laut. Mereka biasanya menginkubasi 250 telur di bawah ekor oleh sang jantan yang berupa jaringan spon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini