nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Sederet Manfaat Olahraga Pound Fit yang Tengah Populer

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 01:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 19 481 2068447 ini-sederet-manfaat-olahraga-pound-fit-yang-tengah-populer-qgoRSL4qec.jpeg Riana Bismarak (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Beberapa waktu belakangan, banyak wanita yang gemar melakukan olahraga dengan mengikuti sebuah kelas. Alasannya karena mereka bergerak bersama dengan orang lain yang bisa membuat lebih senang dan bersemangat untuk olahraga. Salah satu olahraga semacam itu yang tengah digemari adalah pound fit.

Pound fit merupakan olahraga yang berasal dari Los Angeles, Amerika Serikat. Hampir mirip seperti zumba, untuk melakukan olahraga ini tubuh perlu bergerak selama 12 lagu tanpa henti. Bedanya dengan zumba, olahraga ini menggunakan ripstix sehingga tak hanya melatih otot kaki tapi juga tangan.

 Perempuan olahraga

Menurut seorang instruktur pound fit, Riana Bismarak, pound fit bisa dikategorikan sebagai paket hemat lantaran olahraga ini cukup efektif untuk melatih banyak otot dengan aneka gerakannya. Mulai dari otot di lengan, paha, glutes, hingga core. Gerakan dalam olahraga ini antara lain sit up, glutes, pilates, dan squat.

"Pound fit itu kardionya dapat karena pasti bergerak selama 12 lagu track, mulai dari warm up sampai cooling down. Satu jam berlatih itu bisa bakar 800-1000 kalori. Selain itu, dalam sekali body of session bisa melakukan 200 kali squat tapi enggak kerasa karena dilakukan beramai-ramai pakai lagu," ungkap Riana sewaktu berkunjung ke Redaksi Okezone baru-baru ini.

 Perempuan olahraga

Perempuan yang akrab disapa Ree itu juga menjelaskan manfaat lain dari pound fit. Olahraga ini dapat memberikan perasaan bahagia lantaran dilakukan bersama-sama dengan anggota lain. Dengan begitu bisa lebih memicu hormon endorfin untuk keluar dan olahraga terasa menyenangkan. Ditambah dengan irama lagu yang enak untuk didengar sehingga membuat orang melakukan banyak gerakan tanpa rasa tersiksa.

"Pound fit juga melatih sensoring otak untuk bergerak sehingga refleknya dapat. Terkadang kita enggak sadar kalau tubuh itu sudah tersistem sehingga sudah tahu melakukan apa. Dengan melatih sensoring, jadi nge-break sistem tersebut dan bisa menambah kreativitas karena gerakannya tidak monoton," tutur Riana.

 Perempuan olahraga

Manfaat lain dari olahraga ini adalah membantu memperbaiki postur tubuh. Sebab gerkaan-gerakannya juga ada yang melatih core. Namun yang perlu diketahui, untuk melakukan olahrgaa pound fit orang harus mengikuti kelas di studio. Olahraga ini cukup sulit jika dilakukan seorang diri.

"Olahraga ini tidak bisa dilakukan sendiri karena ripstix tidak dijual bebas dan tidak ada koreografi yang tersedia di Youtube. Jadi kalau ingin mencoba pound fit harus ikut kelas di studio," tandas Riana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini