nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciri-Ciri Calon Pengantin yang Mengalami Sindrom Bridezilla, Cek Pasangan Kamu!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 18:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 20 196 2068771 ciri-ciri-calon-pengantin-yang-mengalami-sindrom-bridezilla-cek-pasangan-kamu-Manos6qErO.jpg Sindrom Bridezilla saat mau nikah (Foto: Visinema)

PEREMPUAN memakai gaun pengantin dengan selempang bertuliskan Bridezilla terlihat berjalan dititik keramaian kota Jakarta. Dari pantauan beberapa akun sosial media yang disebar oleh para netizen, pengantin perempuan tersebut sepertinya telah mengalami sindrom Bridezilla dan ingin menyampaikan pesan tentang hal-hal yang biasa terjadi pada perempuan ketika menghadapi hari pernikahannya.

Dengan makeup yang tidak beraturan dan memegang papan berisikan tulisan keluhan-keluhan Bridezilla “Duh, baju pernikahan sudah jadi, timbangan malah makin naik!”, “Sudah cetak undangan, ternyata tanggal resepsi salah! gimana, dong?”, “Sudah pesan kipas buat souvenir resepsi, yang datang gantungan kunci! ohmaygaaaat!”, para pengantin ini mencoba untuk memberitahu kepada masyarakat luas khususnya kaum perempuan tentang apa itu Bridezilla.

Sindrom Bridezilla Mengintai Calon Pasangan Pengantin

Setiap perempuan pasti mempunyai sebuah impian untuk memiliki pernikahan yang sesuai dengan harapannya. Namun apa jadinya ketika harapan-harapan itu terbentur dengan rencana yang kurang pas. Biasanya, efek yang ditimbulkan dari harapan yang tidak sesuai dengan keinginan tersebut akan membuat seorang pengantin menjadi lebih emosional dan meluap-luap atau bisa dibilang terkena sindrom Bridezilla.

Hal ini pun dibenarkan oleh Psikolog, Kasandra Putranto. Menurutnya sindrom Bridezilla merupakan kondisi dimana calon mempelai mengalami perubahan emosi.

“Bridezilla adalah istilah awam yang diberikan kepada calon mempelai yang berubah emosi perilaku karena berbagai tekanan dan tuntutan. Hal ini bisa terjadi karena kompetensi mental terbatas dan karena tekanan dari banyak pihak terutama diri sendiri,” terang Kasandra, saat diwawancarai Okezone, Kamis (20/6/2019).

Lebih lanjut, Kasandra membenarkan bahwa pengaruh usia dan jenis kelamin seseorang berpengaruh pada potensi terjadinya sindrom Bridezilla. Ia pun menjelaskan beberapa ciri-ciri yang menunjukkan seorang calon pengantin yang mengalami sindrom Bridezilla.

Sind

“Ciri-ciri seseorang yang mengalami sindrom Bridezilla adalah emosionalnya yang tidak stabil, meledak-ledak, perilaku yang menjadi tidak terkendali. Cara yang paling tepat untuk mengatasi Sindrom Bridezilla adalah dengan meminta bantuan psikolog untuk berkonsultasi,” lanjutnya.

Meski pun terlihat sederhana, namun sindrom Bridezilla tidak boleh dianggap remeh. Sindrom ini bisa kembali terjadi kepada seseorang diluar pernikahan ketika mereka mengalami stress maupun tekanan dalam hidupnya.

“Kemungkinan besar bisa terjadi kembali. Karena penyebab utama bukan hanya tekanan tetapi lebih kepada kompetensi mental psikologisnya,” tutupnya.

Kejadian tentang sindrom Bridezilla ini sendiri tengah diangkat ke layar lebar oleh salah satu rumah produksi Visinema Pictures lewat film yang berjudul Bridezilla. Teaser film tersebut berdurasi kurang lebih 1 menit itu telah tayang pada hari sabtu, 8 Juni 2019 lalu.

Film ini menampilkan para aktor dan aktris yang tidak asing lagi seperti Jessica Mila, Sheila Dara Aisha, Rio Dewanto, Rafael Tan, Widyawati, Adriano Qalbi, Aimee Saras, Rukman Rosadi dan pendatang baru di dunia perfilman yaitu Lucinta Luna. Penasaran dengan teasernya, tonton langsung hanya di channels youtube visinema dan instagramnya di @filmbridezilla. Buat yang penasaran dengan filmnya, tunggu tanggal tayangnya di bulan Agustus 2019 ini, hanya di bioskop kesayangan Anda.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini