Pencinta Ikan Hias Wajib Merapat, Festival Guppy Internasional Siap Digelar

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 20 612 2068945 pencinta-ikan-hias-wajib-merapat-festival-guppy-internasional-siap-digelar-8cnv0ilFp9.jpg Ikan guppy jadi tren di masyarakat (foto: Modestfish)

HOBI pelihara ikan hias di rumah dipercaya dapat menjaga kesehatan mental. Salah satu yang lagi tren sekarang adalah banyak orang senang memelihara ikan guppy.

Ikan guppy beberapa tahun belakangan ini cukup mendapatkan perhatian sangat besar dari masyarakat Indonesia. Hal tersebut berimplikasi dengan peningkatan jumlah pencinta, penghobi dan pembudidaya ikan guppy di Indonesia.

Bahkan komunitas pencinta ikan guppy saja sudah lebih dari 50 komunitas di Indonesia. Adapun kemampuan skala produksi ikan guppy tersebut mencapai 110.000 pasangan dalam 6 bulan.

Salah satu komunitas ikan guppy terbesar di Tanah Air yakni Indonesian Guppy Popularized Association (IGPA). Mereka sengaja membudidayakan ikan guppy dan menggali potensi kekayaan ikan cantik ini.

Festival ikan guppy

Ketua IGPA Sahlan Rosyidi mengatakan, bila dihitung kemampuan skala produksi dengan nilai jual pasar dunia, untuk sepasang ikan guppy dihargai USD100 atau setara Rp1,4 Juta.

"Adapun nilai keekonomian ikan guppy nasional mampu mencapai Rp162 miliar," ucap Sahlan lewat keterangannya, Kamis (20/6/2019).

Saking banyaknya penyuka atau kolektor ikan guppy, komunitas tersebut sengaja membuat Guppy International Festival pada November 2018. Tahun ini ada juga festival serupa, yang dihelat 13-14 Juli 2019, bertajuk Swasti International Guppy Festival 2019 di Yogyakarta.

Ikan Guppy

"Ajang ini diharapkan dapat melihat belajar dan bahkan bisa memiliki Ikan Guppy dengan skala dunia dengan mekanisme lelang," imbuh Sahlan.

Dijelaskan Chief Executive Officer (CEO) dari Swasti Farm Danang Prima, ada juga tantangan terbesar bagi penghobi ikan guppy nasional. Terlebih dalam meningkatan kualitas pengelolaan farm dan akses terhadap ikan berkualitas.

"Seluruh insan pencinta, penghobi dan pembudidaya ikan guppy di Indonesia bisa belajar di sini. Sekaligus menjadi barometer kapasitas produksi ikan guppy nasional," pungkas Danang Prima.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini