nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Jebakan Batman di Tempat Wisata, Ini Ciri-cirinya!

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 00:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 21 406 2069238 waspada-jebakan-batman-di-tempat-wisata-ini-ciri-cirinya-FgNoXpPV4J.jpg Hati-hati jebakan batman saat di tempat (Foto; Newsweek)

INDONESIA tidak hanya punya segudang destinasi wisata yang keren, berlibur demi melepas rasa penat selalu menjadi objek tujuan para wisatawan. Namun anda harus berhati-hati, lokasi yang ramai dan populer kerap kali dimanfaatkan oleh masyarakat lokal untuk mencari pundi-pundi uang. Kejadian ini biasa disebut jebakan batman.

Misalnya di Malioboro, Yogyakarta yang cukup terkenal, banyak tempat makan yang berada di sekitar pinggir jalan atau tempat wisata, Anda harus berhati-hati ketika menemukan pedagang yang menawarkan menu makanannya kepada para wisatawan tanpa daftar harga.

Ada juga beberapa jebakan batman wisata lain yang tak kalah menarik perhatian. Berikut rangkumannya yang ditulis Okezone supaya Anda tidak terjebak.

1. Menu makanan tanpa daftar harga

Restoran di dekat tempat wisata biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Pilihlah tempat makan yang dipenuhi oleh warga lokal, bukan turis. Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan harga makanannya terlebih dahulu sebelum makan.

Belanja souvenir

2. Kenaikan harga souvenir sampai lebih dari 100%

Pergi ke tempat wisata tidak lengkap rasanya jika tidak membawa cenderamata untuk orang-orang terdekat. Toko-toko cenderamata pun selalu ramai menjadi primadona para turis asing maupun lokal. Namun anda harus cermat dalam membeli, banyak barang dagangan yang dinaikan berkali lipat dari harga aslinya.

3. Jasa tour guide

Sebagian besar para wisatawan merasa jasa tour guide sangat diperlukan, hal itu menjadi pilihan karena mereka ingin mendapatkan pengalaman berwisata praktis sekaligus edukatif jika menggunakan jasanya. Banyak para tour guide yang menjajakan jasanya di tempat-tempat wisata, namun anda harus pintar dalam menawar karena mereka akan memberikan harga yang sangat tinggi untuk para turis.

 Okezone Weekend

4. Kamar hotel murah

Mencari tempat menginap menjadi hal yang sangat penting bagi wisatawan untuk beristirahat dari perjalanan panjang. Penginapan di berbagai tempat wisata kerap kali menjadi pilihan. Harganya yang murah kadang menjadi aspek yang menggiurkan. Tetapi jangan tertipu, dibeberapa tempat jika anda meminta extra bed, anda akan dikenakan biaya tambahan oleh pihak hotel.

5. Waspada Pencopet

Jika anda berada di keramaian atau dalam bus/kereta api. Begitu juga saat duduk di kafe teras atau alun – alun ditempat wisata, hati-hati jangan pernah menempatkan ponsel atau dompet ditempat yang mudah dijangkau orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini