nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Minum Air Es Setelah Makan Bikin Perut Beku?

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 11:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 21 481 2069088 benarkah-minum-air-es-setelah-makan-bikin-perut-beku-tm3mMjaKlP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MINUM es siang hari memang pasti terasa nikmat dan menyegarkan. Namun, ada yang mengatakan bahwa minum air es setelah makan bisa bikin perut beku dan mengganggu sistem pencernaan. Benarkah?

Faktanya, tidak ada perbedaan yang terlalu kentara saat Anda mengonsumsi air es setelah makan dengan mengonsumsi air biasa maupun air panas. Bahkan, minum air es setelah makan mungkin dapat membuat Anda minum lebih banyak air.

Pasalnya menurut American College of Sports Medicine, kebanyakan orang cenderung lebih suka minum air dingin dibandingkan meminumnya saat panas.

kebanyakan orang cenderung lebih suka minum air dingin dibandingkan meminumnya saat panas.

Jika diingat-ingat, ketika Anda minum air hangat, Anda akan cenderung tidak mudah merasa haus. Hal ini dapat membuat Anda lupa untuk minum air, sehingga pada titik tertentu, Anda mungkin saja mengalami dehidrasi.

Selain itu, minum es setelah makan adalah alternatif yang lebih baik dibandingkan minum minuman manis, khususnya jika Anda ingin menjaga berat badan Anda. Alasannya, air es dapat membantu Anda membakar kalori sedikit lebih banyak dibandingkan air mineral biasa maupun minuman manis.

Sebab, saat minum air es, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan temperatur di dalam tubuh. Meski begitu, minum air dingin tidak akan serta merta membuat berat badan Anda turun drastis.

Namun, minum air mineral baik es maupun tidak, sudah terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan baik fisik maupun mental. Bahkan, The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menyarankan laki-laki berusia 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi 3,7 liter air setiap harinya, sementara wanita berusia 19 tahun ke atas mengonsumsi 2,7 liter air.

Sama halnya dengan makanan dan minuman lain yang Anda konsumsi, minum es, baik setelah makan atau tidak, juga memiliki beberapa risiko, yaitu:

Jika Anda menderita achalasia, sebuah kondisi yang membatasi tubuh Anda untuk mendorong makanan melalui esofagus ke lambung, akan memperburuk kondisi tersebut jika Anda minum es setelah makan.

Pada beberapa orang, minum air mineral dingin dapat menyebabkan kepala pusing. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

 hal ini akan menyulitkan Anda saat sedang flu karena akan membuat kondisi Anda memburuk.

Penelitian lain menyebutkan bahwa air es dapat membuat ingus Anda menjadi lebih kental dan lebih susah untuk melewati jalan pernapasan. Sementara, hal ini akan menyulitkan Anda saat sedang flu karena akan membuat kondisi Anda memburuk.

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of the International Society of Sports Nutrition pada tahun 2012 menyatakan bahwa minum air es saat berolahraga dapat mengurangi peningkatan suhu tubuh jika dibandingkan dengan minum air pada suhu ruangan biasa.

Minum air es, atau bahkan mandi dengan air es, dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Hal ini disebabkan, interaksi yang terjadi antara tubuh Anda dengan air es akan memaksa tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu tubuh Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini