Dehidrasi Bisa Sebabkan Anak Demam, Kenali Tanda-tandanya!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 21 481 2069104 dehidrasi-bisa-sebabkan-anak-demam-kenali-tanda-tandanya-bvDUZLq0Up.jpg Dehidrasi bisa sebabkan anak demam (Foto : Momjunction)

Orangtua tentu khawatir saat anaknya terserang penyakit walau mungkin hanya sekadar demam. Sebagian besar pasti akan langsung menurunkan suhu tubuh anak. Entah itu dengan memberi obat atau mengompresnya. Tapi satu hal tak boleh terlewat, anak tidak boleh dilupa diberi minum.

"Kalau dicek dengan termometer suhu tubuh anak mencapai 38 derajat atau lebih, itu boleh diberikan obat penurun demam yang aman seperti paracetamol. Tapi jangan lupa anak tetap diberi minum meskipun sudah diberikan obat, sebab ada kemungkinan demamnya terjadi karena anak mengalami dehidrasi," ujar dokter spesialis anak, dr Catharine Mayung Sambo, Sp.A (K).

Ditemui Okezone dalam sebuah acara di Jakarta belum lama ini, dokter yang akrab disapa Mayung itu menjelaskan dehidrasi bisa menyebabkan demam. Tak bisa dipungkiri anak-anak cenderung sangat aktif. Mereka sangat suka bermain dengan teman-temannya bahkan di luar ruangan di bawah sinar matahari.

Paparan sinar matahari secara umum meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh mengalami penguapan yang dapat menghilangkan cairan. Penguapan akan semakin tinggi apabila anak terlalu banyak berkeringat. Apabila cairan itu tidak diganti dengan minum yang cukup, maka tubuh anak akan mengalami dehidrasi.

"Suhu tubuh yang meningkat dapat diturunkan dengan meminum banyak air. Tapi jika kebutuhan airnya kurang yang menyebabkan dehidrasi, suhu tubuh akan semakin meningkat," jelas dr Mayung.

Namun dokter yang berpraktek di RS Pondok Indah itu menjelaskan jika demam bukan satu-satunya indikator yang menunjukkan anak mengalami dehidrasi. Tanda lainnya meliputi mata cekung, kulit yang kurang elastis, anak rewel, mudah lelah, dan lainnya. Untuk itu orangtua perlu memastikan anaknya minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

"Demam karena dehidrasi cukup jarang terjadi dan bisa jadi hanya pada anak tertentu. Tapi yang perlu diingat, saat demam anak tetap harus banyak minum. Urusan setelah itu mau dikompres atau minum obat juga enggak apa-apa," tandas dr Mayung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini