nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Boleh Sok Akrab, Ternyata Begini Budaya Sauna di Finlandia

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 17:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 21 611 2069227 boleh-sok-akrab-ternyata-begini-budaya-sauna-di-finlandia-bGfmS6U8kg.jpg Sauna di Finlandia (Foto: Funfitness)

UNTUK orang-orang Finlandia, sauna adalah sebuah ritual rutin yang bisa dinikmati sepanjang tahun. Mengunjungi sauna jadi kebiasaan sangat rutin bagi orang Finlandia setidaknya satu kali dalam seminggu.

Fasilitas sauna publik melimpah di negara ini, bahkan karena saking banyaknya dikatakan di sini ada satu juta public dan private hot rooms. Namun khusus pada gelaran Helsinki Sauna Day lah, yang tahun ini dihelat pada 9 Maret lalu para masyarakat lokal setempat mengajak orang-orang di luar Finlandia untuk menikmati sauna ala Finlandia.

Pulau Lonna, Helsinki, Finlandia yang tadinya adalah bekas pulau militer dan terlarang untuk umum, namun setelah direnovasi kini merupakan jadi salah satu lokasi untuk menikmati sauna umum walau terpencil. Menuju pulau Lonna bisa dicapai dengan menaiki kapal feri kecil yang berangkat selama bulan-bulan musim panas dari Market Square Pasar Helsinki.

 Sauna

Di sini ada ruangan-ruangan terpisah untuk pria dan wanita, tapi tetap ada sauna campuran untuk hari Selasa. Di sauna ini, disebutkan yang namanya mengenakan pakaian utuh jadi pilihan. Nah, saat gelaran Helsinki Sauna Day inilah masyarakat Finlandia yang cenderung pendiam didorong untuk mengundang orang asing yang belum tahu soal sauna, ke sauna pribadinya.

Begitu memasuki ruang sauna, kurang lebih seluas 20 meter persegi sambil membawa alas duduk yang diberikan saat baru pertama kali sampai kita langsung disambut oleh hawa panas. Mengingat biasanya sauna dengan tungku kayu ditambah batu yang dipanaskan dengan pohon cemara dan birch di bagian atas sehingga dapat menaikkan suhu sekitar 80 derajat Celcius, jadi sauna paling umum di sini.

Dengan ritual sauna, orang-orang Finlandia yang disebutkan notabene adalah orang-orang pemalu menjadi bisa lebih terbuka karena saat sauna inilah mereka bisa berbicara terbuka dengan orang lain, yang manal hal ini notabene adalah hal yang bagus.

Sauna

Seperti yang sang penulis artikel South China Morning Post, Johan Augustin alami, masing-masing tempat sauna yang ada di Finlandia menawarkan pengalaman yang berbeda. Ketika Johan menjajal sauna campur di Löyly, di daerah Hernesaari sambil menikmati sauna ia langsung akrab mengobrol dengan dua wanita asal Jepang.

Lain lagi saat ia mencoba sauna khusus pria di Kaurilan, Meilahti, bagian Barat Helsinki, di mana ia di sini menikmati sauna di tempat sauna klasik, dengan interior pondok kayu merah abad ke-19 yang dikelilingi oleh tanaman hijau sembari disambut begitu hangat oleh pria-pria Finlandia yang menikmati sauna di tempat ini. Hingga akhirnya larut menghabiskan waktu dua jam, sauna sembari menikmati minuman bir kaleng dan bertukar cerita satu sama lain. Demikian seperti dilansir Southchinamorningpost, Juni (20/6/2019).

Bagaimana, apa Anda jadi tertarik suatu hari mencoba pengalaman menikmati sauna di Finlandia?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini