nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Wisata Urban Legend yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 22 406 2069581 ini-wisata-urban-legend-yang-bikin-bulu-kuduk-merinding-xFCf5L3kiw.jpg Gunung Merapi yang penuh kisah urban legend (Foto: Reuters)

Indonesia terkenal menjadi salah satu negara yang masih kental dengan kepercayaanya kepada mitos urban legend, hal-hal horor, dan cerita mistis lainnya. Bahkan beberapa tahun belakangan, wisata urban legend jadi sebuah tren yang di gemari oleh pecinta horor di Indonesia.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (22/6/2019), Okezone merangkum beberapa wisata urban legend di Indonesia yang bisa Anda datangi, untuk memacu adrenalin.

 1. Lawang Sewu, Semarang

 Lawang

(Foto: Okezone)

Siapa yang tak tahu Lawang Sewu? Bangunan peninggalan Belanda yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini menjadi salah satu wisata urban legend yang paling terkenal di Indonesia.

Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907, dulu Lawang Sewu dipergunakan sebagai kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij atau biasa dikenal dengan nama NIS. Dipercaya oleh banyak orang, Lawang Sewu banyak ditinggali hantu-hantu Belanda dan Jepang yang diyakini sebagai arwah dari orang-orang yang mati secara tidak adil di sekitaran Lawang Sewu.

Banyak orang yang mengaku melihat penampakan Noni Belanda, serta pasukan tentara yang sedang berbaris.

2. Museum Fatahillah, Jakarta

 Museum

(Foto: Okezone)

Jakarta merupakan salah satu kota bersejarah selama masa penjajahan Indonesia. Terlebih lagi di daerah Kota Tua, terdapat banyak gedung tua peninggalan Belanda.

Salah satunya adalah Museum Fatahillah. Museum ini menyimpan banyak cerita mistis yang akan membuat bulu kuduk merinding. Pernah digunakan sebagai tempat pembantaian, konon katanya di sekitar Museum Fatahillah masih sering terdengar suara tangisan, bau anyir, bahkan penampakan sosok tanpa kepala.

3. Gunung Merapi, Yogyakarta

 Gunung

 (Foto: Reuters)

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung paling terkenal di Indonesia. Gunung yang masih berstatus aktif ini juga terkenal menyimpan banyak cerita mistis. Khususnya bagi para pendaki, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Pasar Bubrah. Lokasi ini biasa digunakan sebagai lokasi menginap dan mencari ‘keramaian’ seperti di pasar.

Konon, seorang pendaki pernah membeli pisang di pasar ini. Keesokan harinya, pasar yang semalam dilihat lenyap begitu saja. Cerita lainnya menyebutkan, sering terdengar suara gamelan di lokasi yang sama dengan Pasar Bubrah ini.

4. Alas Purwo, Banyuwangi

 Alas

(Foto:Google)

Alas Purwo diyakini sebagai hutan tertua di Indonesia. Sebagai taman nasional terbesar di Indonesia, hutan yang memiliki luas 434 km ini tidak hanya menyuguhkan kekayaan alam yang beragam dan indah, tetapi juga banyak cerita mistis yang tersebar.

Banyak yang mengatakan, Alas Purwo adalan pusat kerajaan jin seantero Nusantara. Konon sejak sebelum masa penjajahan tidak ada satu orang manusia pun yang bisa pulang dengan selamat ketika memasuki hutan ini.

Akibat mitos gaib yang melegenda, banyak orang yang bersemedi menimba ilmu gaib di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini