nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Hal yang Membuat Pengalaman Wisata Tidak Terlupakan

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 22 406 2069640 3-hal-yang-membuat-pengalaman-wisata-tidak-terlupakan-HjtRquxp02.jpg Ilustrasi (Foto: Traveller)

Beberapa tahun terakhir, industri pariwisata kian berkembang. Salah satu faktornya semakin banyak orang yang meluangkan waktu untuk berlibur. Entah itu menjelajah obyek wisata yang ada di negaranya maupun ke luar negeri.

Dalam setiap perjalanan liburan, masing-masing orang memiliki pengalamannya sendiri yang berkesan. Tak jarang pengalaman tersebut tidak terlupakan dan istimewa yang meningkatkan perjalanan reguler ke perjalanan transformasional. Ada beberapa hal yang membuat pengalaman wisata tidak tak terlupakan yaitu sesuatu yang baru, keterlibatan, dan interaksi sosial.

Menurut sebuah penelitian baru di Jurnal Penelitian Pariwisata Asia-Pasifik, ketiga hal tersebut membuat liburan memiliki kesan mendalam. Kepala pemasaran di agen perjalanan WildChina, Nick Gollner mengatakan faktor kebaruan adalah bagian penting dari perjalanan liburan karena hal tersebut mengilhami wisatawan untuk menjelajah dan mengeksplorasi destinasi. Tentunya kegiatan itu membuat liburan menjadi menarik karena menemukan pengalaman baru.

 Infografis

“Kami biasanya mengarahkan wisatawan untuk berinteraksi dengan masyarakat dan komunitas setempat. Tujuannya mendukung kerajinan lokal dan mendapatkan pemahaman pribadi tentang tradisi dari tempat yang dikunjungi," ujar Gollner seperti yang Okezone kutip dari South China Morning Post, Sabtu (22/6/2019).

Gollner melihat interaksi dengan komunitas lokal merupakan bagian tak terpisahkan untuk menciptakan liburan berkesan. Salah satunya adalah safari Afrika yang memungkinkan wisatawan melihat singa dan jerapah di habitat alaminya. Selain itu, ada pula kunjungan ke sekolah lokal untuk berbagi perlengkapan sekolah dan bertemu anak-anak setempat.

 Artis liburan

“Kesempatan untuk berbagi senyum atau bermain dengan anak-anak setempat menciptakan hubungan manusiawi serta meningkatkan kedalaman yang tidak bisa disediakan oleh tur," imbuh Gollner.

Laporan jurnal menunjukkan banyak pula wisatawan yang menghabiskan banyak waktu untuk mengambil foto agar terlihat bagus di media sosial. Meskipun beberapa orang mungkin tidak bisa mendapatkan wawasan mendalam tentang tempat-tempat wisata yang dikunjungi karena sering berfoto, menurut Andrea Oschetti, pendiri perusahaan perjalanan di Hong Kong hal itu dapat memperkaya hidup wisatawan.

“Wisatawan dapat menggunakan foto-fotonya untuk memberdayakan diri sendiri. Mereka kembali ke rumah dengan inspirasi untuk menjalani kehidupan yang ingin dijalani. Mereka juga dapat memutuskan ke mana harus pergi berdasarkan pada kebajikan yang ingin dikembangkan," jelas Oschetti.

Dirinya menambahkan, perjalanan adalah peluang besar untuk menyalakan kembali gairah di dalam diri. Wisatawan yang baik memilih pengalaman berdasarkan kebutuhan pribadi dan hal-hal yang ingin dilakukan dalam hidup. Satu hal yang tak kalah penting dalam perjalanan wisata adalah keberagaman.

 Artis liburan

“Keberagaman memiliki kekuatan untuk memperkaya hidup. Hal ini sekarang semakin sulit ditemukan ditengah wisata yang homogen," kata Oschetti.

Sementara itu, saat ini tren liburan di kalangan wisatawan adalah semakin suka bertualang. Wisatawan senang mengatur sendiri hal-hal yang hendak mereka lakukan ketika bepergian. Tren ini pun semakin membuat liburan ke luar negeri menjadi lebih populer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini