nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menikmati Wisata Alam Liar di Indonesia, Ini Tempatnya

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 10:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 23 406 2069813 menikmati-wisata-alam-liar-di-indonesia-ini-tempatnya-nqQ6UKHpSy.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENIKMATI Wisata alam liar bisa jadi pilihan untuk kalian yang tengah bosan dengan kepenatan Jakarta saat ini. Alam liar yang menantang menjadikan liburan pastinya akan berbeda.

Memang, banyak Wisata alam liar di Indonesia belum tereksplorasi, padahal banyak yang akan mereka dapatkan ketika berlibur ke objek wisata Alam Liar.

Untuk kalian yang ingin berlibur dan menjadikan wisata alam Liar sebagai tujuannya tidak usah jauh-jauh keluar negeri untuk menikmatinya, di Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa objek wisata alam liar yang bisa dikunjungi.

Berikut adalah beberapa tempat wisata alam liar yang bisa dijadikan tujuan untuk berlibur, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Taman Nasional Baluran
Nama Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.

Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia. Nama Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.

Di sini pengunjung dapat bertemu dengan 444 jenis tumbuhan dan juga berbagai jenis satwa. Yang paling penting ketika berkunjung ke Taman Nasional Baluran adalah Anda menikmati Bentangan savana yang sangat luas dan indah.

Taman Nasional Baluran sering juga disebut Afrika Van Java, karena banyak kemiripan yang ada di alam liar Baluran dengan alam liar Afrika.

2. Taman Nasional Alas Purwo
 terletak di ujung tenggara Pulau Jawa. Taman Nasional Alas Purwo memiliki hutan tropis dan pantai.

Taman nasional ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Secara geografis terletak di ujung tenggara Pulau Jawa. Taman Nasional Alas Purwo memiliki hutan tropis dan pantai.

Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah pemandangan seperti Afrika. Terdapat hamparan padang rumput yang luas dan menjadi habitat kawanan banteng, rusa, merak hijau, babi hutan, dan satwa liar lainnya.

Taman Nasional Alas Purwo juga terdapat bangunan peninggalan dari kerajaan Majapahit yang bernama Pura Luhur Giri Salaka. Cocok Untuk kalian yang ingin menikmati wisata alam liar.

3. Taman Nasional Komodo
Panorama Savana dan Panorama bawah laut juga menjadi daya tarik yang ada di taman nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini juga sangat dekat dengan kepulauan Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat. Mungkin destinasi wisata alam liar ini sudah tidak asing didengar.

Berbagai macam flora dan fauna hidup bebas di dalam taman nasional ini. Seperti namanya daya tarik utama Taman Nasional Komodo yaitu adanya reptil raksasa purba Biawak Komodo. Panorama Savana dan Panorama bawah laut juga menjadi daya tarik yang ada di taman nasional Komodo.

Ketika berkunjung di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan misalnya, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan di pantai-pantai pulau komodo. Sedangkan di daratan, Anda bisa melakukan pengamatan satwa, hiking, dan camping.

4. Taman Nasional Way Kambas


Di sana pengunjung dapat menikmati alam liar ditemani oleh banyaknya gajah di sana.

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Di sana pengunjung dapat menikmati alam liar ditemani oleh banyaknya gajah di sana.

Tidak cuma gajah di sana juga terdapat berbagai macam flora dan fauna. Terdapat juga hutan dataran rendah, hutan rawa air tawar, padang rumput, semak-semak belukar, hutan pantai dan juga satwa-satwa liar. Cocok untuk Anda yang ingin merasakan wisata alam liar.

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional ini juga diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991.

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Di taman nasional ini tedapat berbagai macam flora dan fauna. Hutan pantai, Hutan mangrove, Hutan rawa air tawar, Hutan hujan tropika dataran rendah, dan Padang rumput ada objek wisata alam liar ini.

Badak Jawa adalah hewan yang dilindungi di taman nasional ini. Taman Nasional ini juga diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991. Alam liar yang ada ditaman ini menjadikannya sebagai salah satu tempat yang dapat dijadikan tujuan wisata alam liar Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini