nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kuliner Legendaris Ini Wajib di Coba saat Berlibur ke Yogyakarta, Maknyus!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 09:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 24 298 2070051 5-kuliner-legendaris-ini-wajib-di-coba-saat-berlibur-ke-yogyakarta-maknyus-dbBIl5GImq.jpeg Oseng-oseng Mercon Bu Narti (Foto: Utami Riyani/Okezone)

Liburan ke Yogyakarta kurang lengkap apabila hanya mengunjungi situs bersejarah, melihat kebudayaan masyarakat lokal, atau mengagumi keindahan alam. Saat singgah di sana, ada satu hal yang tak boleh terlupakan yaitu mencicipi beragam kuliner khas. Terlebih banyak kuliner legendaris yang rasanya mampu menggoyang lidah.

Okezone telah merangkum 5 kuliner legendaris Yogyakarta, Senin (24/6/2019). Berikut ulasannya:

Gudeg Yu Djum

 Kuliner Jogja

Pergi ke Yogyakarta kurang rasanya jika tidak mencicipi gudeg. Secara makanan berbahan dasar nangka muda dengan cita rasa manis yang dimasak menggunakan santan itu merupakan makanan khas. Salah satu gudeg yang terkenal adalah Gudeg Yu Djum. Lokasinya ada di kawasan Jalan Wijilan. Salah satu menu yang paling laris adalah gudeg campur. Banyak pembeli yang memilih membungkus gudeg untuk dijadikan oleh-oleh atau disantap bersama. Harga satu porsi gudeg berkisar antara Rp12 ribu - Rp 50 ribu.

Oseng-oseng Mercon Bu Narti

 Kuliner Jogja

Makanan khas Yogyakarta lain yang terkenal adalah oseng-oseng mercon. Makanan yang satu ini berisi potongan daging sapi, kikil, koyor (lemak sapi), dan cabai ulek yang dioseng sehingga bercita rasa pedas. Oseng-oseng mercon yang disajikan bersama nasi putih. Untuk wisatawan yang tertarik bisa mencicipi Oseng-oseng Mercon Bu Narti di kawasan Jalan KH. Ahmad Dahlan. Harganya hanya Rp25 ribuan.

Sate Klatak Pak Pong

 Kuliner Jogja

Selanjutnya ada sate klatak yang merupakan sate kambing. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya, sate klatak menggunakan daging kambing muda sehingga mudah untuk dimakan. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi bisa mencoba Sate Klatak Pak Pong di Jalan Imogiri Timur, Yogyakarta. Sate klatak di sini menggunakan tusuk sate dari jeruji sepeda sehingga bagian dalam daging matang sempurna dan bumbunya meresap. Satu porsi sate klatak ditempat ini harganya berkisar Rp20 ribuan saja.

Angkringan Lik Man

 Kuliner Jogja

Ciri khas lain dari kuliner Yogyakarta adalah angkringan. Di angkringan biasanya tersedia menu beraneka ragam sate-satean, nasi kucing, kopi joss, teh gula batu, dan lainnya. Jika jalan-jalan di dekat stasiun Tugu, jangan lupa mampir ke Angkringan Lik Man. Di sana terdapat aneka menu dengan rasa yang khas namun harga terjangkau.

Soto Bathok Mbah Katro

 Kuliner Jogja

Hampir di setiap daerah di Indonesia wisatawan bisa menemukan soto. Termasuk di Yogyakarta. Di dekat Candi Sambisari, Kalasan, ada sebuah rumah makan yang menyajikan soto dengan keunikan tersendiri yaitu Soto Bathok Mbah Katro. Soto dengan cita rasa kuah yang gurih di tempat ini tak diletakkan di dalam mangkuk melainkan batok kelapa. Ada pula menu lain seperti aneka sate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini