nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Takut Kolesterol! 5 Makanan Ini Mampu Mengatasinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 24 298 2070349 jangan-takut-kolesterol-5-makanan-ini-mampu-mengatasinya-MaB0eIdFv0.jpg Buah delima bisa berantas kolesterol (Foto: Pixabay)

Makanan enak dan lezat merupakan kesukaan semua orang. Tapi perlu diketahui, beberapa makanan yang terasa nikmat tersebut justru tidak sehat bagi tubuh kita. Salah satu contohnya adalah makanan berminyak seperti masakan padang atau gorengan.

Makanan ini memang menjanjikan rasa yang lezat, namun kadar minyak yang tinggi bisa menyebabkan Anda mengalami kolesterol yang berujung pada penyakit kronis seperti jantung koroner bahkan stroke. Jika sudah begini, Anda harus mencari makanan penangkal kolesterol agar lemak jahat tidak terus menumpuk dalam tubuh Anda.

minyak 

(Foto: Pixabay)

Sebenarnya terdapat makan yang mampu menetralisir lemak jahat dalam tubuh. Meski demikian, tidak semua orang mengetahui hal tersebut. Melansir dari Red Book Mag, Okezone membagikan beberapa makanan yang mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda.

1. Alpukat

Makanan sehat yang mampu mencegah penimbunan lemak adalah alpukat. Buah yang satu ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan tingkat LDL dalam tubuh. Alpukat bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menukat makanan yang tinggi lemak jenuh dengan asam lemak tak jenuh.

2. Dark Chocolate

Jika tidak begitu suka dengan rasa alpukat, dark chocholate bisa menjadi pilihan tepat lainnya. Penelitian menemukan, sejumlah kecil cokelat mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Cokelat memiliki flavanoid yang merupakan antioksidan yang memvantu sel dalam melawan kerusakan.

3. Minyak Zaitun

Sama seperti alpukat, minyak zaitun memiliki asam lemak tak jenuh. Mengganti mentega dengan minyak zaitun bisa membantu Anda memiliki kesehatan tubuh yang jauh lebih baik. Cara menggunakannya juga sangat sederhana sama seperti menggunakan minyak pada umumnya.

4. Terong

Sayur yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat di dalamnya. Menurut Harvard Medical School, terong dapat menyerap asam empedu dalam tubuh Anda dan mendorong tubuh untuk menyerap kolesterol pada hati Anda.

5. Delima

Buah yang cukup sulit ditemui ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Semua olahan buah delima mampu mengendalikan kolesterol dan memperlambat penumpukannya. Hal ini telah dibenarkan oleh Amy Gorin seorang ahli dier yang berbasis di New Jersey. (MTA)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini