nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Kemenkes Imbau Masyarakat Rutin Donor

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 13:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 24 481 2070186 peringati-hari-donor-darah-sedunia-kemenkes-imbau-masyarakat-rutin-donor-upziIf9e21.JPG Ilustrasi (Foto: Kemenkes)

Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap 14 Juni. Tentunya momen ini bisa digunakan sebagai sebuah pengingat akan pentingnya seseorang untuk menjadi pendonor darah dan mendonorkan darah secara teratur.

Sebagaimana diketahui, darah merupakan materi biologis yang hidup dan belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Alhasil ketersediaan darah dalam dunia kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam donor darah.

Selain itu, ketersediaan darah juga bergantung oleh adanya fasilitas, sarana dan prasarana yang dapat menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup, aman dan berkualitas. Darah yang aman merupakan darah yang berasal dari donor risiko rendah, yang salah satunya bisa didapat dari donor darah sukarela.

 Donor darah

Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat darah juga dapat menjadi media penularan penyakit seperti HIV, Hepatitis B, Hepatitis C dan Sifilis. Oleh sebab itu rekomendasi World Health Organization (WHO) bahwa darah transfusi yang aman dan berkualitas berasal dari Donor Sukarela.

Pelayanan darah yang aman dan berkualitas tentunya memiliki fungsi utama untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI). Di Indonesia berdasarkan Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015 menunjukkan AKI sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup.

 Donor darah

Perdarahan masih menjadi salah satu penyebab utama kematian ibu. Untuk mengurangi risiko ini, masyarakat memerlukan akses terhadap pelayanan darah dalam jumlah yang cukup. Hal ini tentunya bisa lebih mudah dicapai jika banyak donor darah sukarela yang secara rutin mendonorkan darahnya ke UTD.

Melihat hal tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH, mengharapkan agar masyarakat Indonesia lebih sadar akan pentingnya darah bagi sesama. Ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para masyarakat yang selama ini telah rutin donor darah.

“Acara hari ini juga sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pendonor darah atas kesediaannya menyumbangkan darah kepada para pasien yang membutuhkan,” tutur Sekjen Oscar, Senin (24/6/2019).

Lebih lanjut drg Oscar pun mengimbau kepada seluruh pegawai yang bekerja di bidang kesehatan untuk memberikan contoh yang baik kepada masayarakat Indonesia. Caranya adalah dengan rutin mendonorkan darahnya.

“Pegawai yang bekerja di bidang kesehatan harus memberikan teladan kepada masyarakat dengan menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup kita. Sehingga pada akhirnya aksi donor darah sukarela tidak hanya dilaksanakan pada acara-acara khusus saja, tetapi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat untuk secara rutin mendonorkan darahnya,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini