Ini 10 Tempat Favorit Kuman di Rumah!

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 24 481 2070342 ini-10-tempat-favorit-kuman-di-rumah-9SW1T6CiPO.jpg Sejumlah tempat di rumah menjadi sumber kuman (Foto: Pixabay)

Tidak peduli seberapa rajin kita membersihkan rumah, nyatanya rumah kita tetap menjadi tempat yang menyenangkan bagi bakteri, kuman, kotoran, dan semua jenis partikel yang tak terlihat.

Terlebih lagi di beberapa bagian dan sudut rumah yang tidak Anda sangka sebelumnya, merupakan tempat favorit kuman untuk berkembangbiak.

 kulkas

(Foto: Wirecutter)

Tempat-tempat tersebut sebaiknya dibersihkan dengan lebih teliti dan cermat. Dilansir dari berbagai sumber, Senin (24/6/2019), berikut adalah tempat-tempat kesukaan kuman di dalam Rumah.

1. Spons cuci piring

Spons yang Anda gunakan untuk membersihkan piring sebenarnya adalah rumah bagi sekumpulan bakteri, termasuk E. coli dan salmonella yang menyebabknan gangguan pencernaan.

2. Handuk

Jika handuk yang habis digunakan tidak dikeringkan dengan baik, handuk itu kemungkinan penuh dengan semua jenis bakteri. Pastikan untuk menggantung handuk itu kembali setelah menggunakannya karena handuk basah adalah handuk kotor.

3. Remot elektronik

Ahli biologi lingkungan Kelly Reynolds mengatakan, tempat berkuman lain yang perlu diperhatikan adalah barang elektronik Anda. Remot jarak jauh juga merupakan salah satu hal yang paling dipenuhi kuman, termasuk kuman yang ditemui di spons cuci.

4. Karpet

 

Tidak hanya alergen seperti serbuk sari, debu, dan tungau yang ada di sekitar karpet Anda, tetapi juga rumah bagi berbagai macam kuman. Dan setiap kali Anda menginjaknya, kuman-kuman tersebut menjadi lebih dekat ke permukaan.

5. Mesin cuci

Bahkan ketika penuh dengan deterjen, ada banyak kuman di dalam mesin cuci Anda. Pakaian anak-anak dan bahkan semua pakaian dalam kita, membuat mesin cuci penuh dengan segala macam bakteri.

6. Saklar

Saklar lampu menjadi hal yang paling sering disentuh orang lain dan bisa menjadi sumber virus flu. Parahnya lagi, benda-benda kecil ini seringkali luput ketika kita melakukan pembersihan karena orang cenderung fokus kepada benda besar.

7. Keyboard komputer

Keyboard Anda dipenuhi bakteri, terutama jika Anda bukan satu-satunya yang mengetuknya. Jadi jangan lupa menghilangkan kuman-kuman tersebut dengan pembersihan yang baik.

8. Bak cuci piring

Selain spons cuci, E.coli dan salmonella dapat ditemukan di bak cuci piring. Makanan yang terkontaminasi dan spons cuci meninggalkan bekasnya ke mana pun mereka pergi. Membersihkan permukaan wastafel juga tidak cukup karena banyak kuman yang terjebak di saluran pembuangan.

9. Sikat gigi

Banyak orang yang sudah mengetahui fakta bahwa mulut yang tidak disikat dapat menjadi rumah bagi ratusan bakteri. Lalu bagaimana dengan benda yang Anda gunakan untuk membersihkannya?

Ternyata sikat gigi juga dapat membawa E. coli, staphylococcus, dan bahkan kotoran. Inilah alasan mengapa anda harus rajin mengganti sikat gigi setidaknya tiga bulan sekali.

10. Kulkas

Meskipun biasanya dianggap sebagai sesuatu yang melindungi makanan dari bakteri, kulkas ternyata bisa mengandung E. coli, salmonella, dan listeria. Terutama pada bagian rak sayuran dan gagang pintu, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Sangat penting untuk membersihkan seluruh kulkas Anda.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini