Viral Aksi Para Bule Mainkan Gamelan, Skill-nya Gak Kalah dari Orang Indonesia!

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 05:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 24 612 2070423 viral-aksi-para-bule-mainkan-gamelan-skill-nya-gak-kalah-dari-orang-indonesia-qomhJGSYbk.jpg Gamelan. (Foto: Cheltladiescollege)

BUDAYA Indonesia memang menjadi daya tarik bagi para turis asing. Tidak jarang, banyak turis bule yang rela belajar kesenian Indonesia, salah satunya adalah gamelan tradisional.

Seperti video yang diposting oleh Nur Paku Bumi. Dalam video tersebut, Seke tabuh tunas mekar dari Colorado USA nampak terampil memainkan gamelan. Bahkan, mereka mampu menyajikan teknik permainan yang cukup sulit.

Aksi mereka tak hanya membuat penonton berdecak kagum, tetapi juga membangkitkan rasa bangga orang Bali. Hal Inilah yang membuat masyarakat yang mengunjungi Taman Budaya kian tercengang.

Grup Tunas Mekar asal Colorado, Amerika Serikat ini memang memeriahkan pergelaran seni budaya Bali

Pria dan wanita berpenampilan tinggi dan putih dengan rambut pirang kecokelatan, dan berhidung mancung itu tampak bersemangat memainkan gamelan Bali. Mereka menggerakan kepalanya, meliuk-liuk layaknya para penabuh Bali yang benar-benar menikmati instrumen yang dimainkan.

Grup Tunas Mekar asal Colorado, Amerika Serikat ini memang memeriahkan pergelaran seni budaya Bali untuk kedua kalinya dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41.

Grup Tunas Mekar asal Colorado ini pertama kali dibentuk pada tahun 1988, dengan generasi pertama yang telah digantikan. Saat ini, sudah tumbuh generasi kedua dengan jumlah penabuh Gamelan sekitar 26 orang warga Amerika Serikat.

Generasi yang tampil sebelumnya kini hanya tersisa dua orang saja dan juga berkesempatan ikut pada tahun ini. Dibantu oleh tiga orang tukang suling dan satu rebab dari Bali.

Grup Tunas Mekar yang berdomisili di Denver, Colorado, Amerika Serikat didirikan oleh Michael Fitts, dan latihan gamelan dilakukan oleh seorang guru Bali tulen bernama I Made Lasmawan. Instrumen yang dimainkan para murid Lasmawan ini adalah angklung kebyar.

Dengan garapan bertajuk Lelasan Megat Yeh, Tari Panyembrama, Kayu Sakti, Tari Taruna Jaya, yang telah diolah menggunakan instrumen angklung kebyar.

Sebelumnya, Grup Tunas Mekar pernah tampil di Bali pada tahun 1996. Dua puluh dua tahun kemudian, Grup Tunas Mekar kembali tampil di Bali dengan personil yang hampir seluruhnya warga Amerika.

Kembalinya Tunas Mekar di tahun 2019, menjadi sebuah keunikan sendiri, sebab grup ini menyajikan kemahiran para warga Amerika menabuh gamelan Bali.

Penampilan kedua setelah tahun 1996 ini, Grup Tunas Mekar mementaskan dua jenis gamelan Bali, pertama gamelan angklung dan kedua gamelan gong kebyar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini