nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak yang Terbiasa Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga Akan Jadi Orang Sukses

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 08:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 25 196 2070452 anak-yang-terbiasa-lakukan-pekerjaan-rumah-tangga-akan-jadi-orang-sukses-FjUpuLdJdJ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Setiap orangtua memiliki pola pengasuhan berbeda terhadap anak-anaknya. Namun setiap orangtua tentu ingin anaknya menjadi sukses di masa depan. Untuk hal yang satu ini, ada satu pola asuh yang bisa diterapkan oleh orangtua di manapun. Caranya dengan tugas pekerjaan rumah kepada anak.

Beberapa anak mungkin enggan melakukan pekerjaan rumah dan itu terasa tidak menyenangkan. Tidak menutup kemungkinan mereka akan marah padahal tugas yang diberikan tergolong mudah. Salah satu alasan anak tidak mau melakukan pekerjaan rumah biasanya karena berpikiran sudah ada asisten rumah tangga yang mengerjakannya.

 Anak kecil

Bila anak Anda termasuk dalam kategori ini, cobalah bertahan dan menyuruhnya tetap mengerjakan tugas yang diberikan. Sebab ternyata anak yang terbiasa menyelesaikan tugas di rumah akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih sukses. Hal ini diungkapkan oleh mantan dekan mahasiswa baru di Stanford University, Julie Lythcott-Haims.

"Dengan membuat anak-anak melakukan pekerjaan rumah seperti membuang sampah, mencuci pakaian sendiri, menyapu, merapikan tempat tidur, dan lain sebagainya, mereka bisa menyadari jika dirinya harus melakukan pekerjaan untuk menjadi bagian dari kehidupan," ungkap Julie seperti yang Okezone kutip dari Marie Claire, Selasa (25/6/2019).

 Anak kecil

“Anak-anak yang tumbuh dengan terbiasa melakukan tugas akan menjadi karyawan yang lebih baik. Mereka bisa memiliki keterampilan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dan akan lebih berempati terhadap orang lain,” tambah Julie.

Baca Juga: Anyam Tas dari Tali Rafia untuk Anaknya, Alasan Pria Ini Bikin Haru

Sebaliknya, anak-anak yang tidak terbiasa melakukan pekerjaan rumah akan memiliki pemikiran jika ada orang lain yang bisa menyelesaikan tugasnya. Hal itu tentu membuat anak menjadi pemalas dan selalu berusaha terbebas dari pekerjaan.

Tidak menutup kemungkinan karena terbiasa mengandalkan orang lain mereka mencari cara agar pekerjaannya bisa diselesaikan oleh orang lain. Entah itu dengan mempekerjakan seseorang dan membayarnya atau cara lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, jika orangtua ingin anaknya sukses, maka tidak ada salahnya menerapkan aturan agar anak mengerjakan satu atau beberapa pekerjaan rumah. Hal ini juga membantu anak untuk hidup lebih mandiri dan terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga. Terutama saat tidak tinggal dengan orangtua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini