nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menilik Spot Camping Favorit Anak Muda, Lengkap dengan Air Terjun Tersembunyi

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 14:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 25 406 2070654 menilik-spot-camping-favorit-anak-muda-lengkap-dengan-air-terjun-tersembunyi-sfImTpqfKI.jpg Ilustrasi. Tempat Favorit Camping di Hutan Pinus (Foto: Natgeoindonesia/Instagram)

HUTAN Pinus Lembanna menjadi spot camping favorit bagi anak muda yang suka melakukan camping di akhir pekan. Letaknya yang berada di jalur pendakian kaki Gunung Bawakaraeng, kian menyempurnakan keindahan alam yang ada di sekitar hutan pinus, lengkap dengan kabutnya yang eksotis.

Spot camping favorit ini sangat cocok bagi mereka yang mendambakan keindahan alam jika tak melakukan pendakian ke puncak Gunung Bawakaraeng. Kabut putih pekat yang menutupi sebagian kawasan pegunungan akan terlihat pada pagi hari di Hutan Pinus Lembanna di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini.

Selain itu, Anda juga bisa melihat hamparan tanaman sayuran di sekitar hutan pinus dari kejauhan. Sayuran ini ditanam oleh penduduk Desa Lembanna yang bermukim di sekitar hutan pinus, ada daun bawang, kentang, tomat, cabe dan sayur kol. Hamparan area perkebunan yang dikonsep terasering dikelilingi pegunungan menambah suasana asri di Hutan Pinus Lembanna.

Hutan pinus spot camping favorit

Salah seorang wisatawan, Resti Mangalatung, mengatakan paling cocok jika menginap dan mendirikan tenda. Sebab pada pagi harinya pengunjung akan disambut kabut, yang menyelimuti sekitar hutan pinus.

"Paling cocok kalau kita nginap sambil mendirikan camp (tenda) di sini. Karena kalau pagi pemandangan di sini indah dan dingin sekali terus pinusnya tinggi besar. Tapi ada matahari pagi bikin hangat kalau tidak mendung," kata Resti kepada Okezone baru-baru ini.

Hutan Pinus lengkap dengan air terjun tersembunyi

Menurut Resti, banyak yang datang ke Hutan Pinus Lembanna tapi tak melakukan pendakian ke Gunung Bawakaraeng. Mereka datang sekedar untuk refreshing melepas kepenatan sehabis beraktifitas di Kota Makassar. Penduduk sekitar juga akan menjamu setiap pengunjung yang datang dengan ramah.

"Ada warga bercocok tanam kearifan lokalnya juga bagus kak. Makanya yang datang ke Hutan Pinus Lembanna mengisi liburan akhir pekan. Kalau tidak naik (mendaki) ke gunung pasti bermalam di sini sambil esoknya menikmati udara yang sangat sejuk dan indahnya pohon pinus," ungkap Resti.

Selain hutan pinus, di sini juga terdapat air Terjun Lembanna yang tersembunyi. Jaraknya tak jauh dari lokasi camp hutan pinus. Untuk menuju ke Air Terjun Lembanna, pengunjung hanya berjalan kaki melewati jalan setapak yang biasa dilalui oleh penduduk setempat.

"Ada air Terjun Lembanna juga kak, ada kak jaraknya dekat dengan hutan pinus sekitar 500 meter kalau tidak salah hitung. Cukup berjalan kaki kak," ujar Resti.

Kesejukan hutan pinus dan air terjunnya menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang datang ke sini. Namun, setiap pengunjung diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan serta membakar ranting kering hutan pinus.

Pengelola tempat wisata menyarankan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat untuk menitipkan kendaraannya di halaman rumah penduduk.

Setelah memarkir kendaraan, barulah pengunjung melanjutkan dengan berjalan kaki ke hutan pinus melewati kebun, yang menjadi spot camping favorit. Sepanjang perjalanan itu, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan melihat aneka jenis sayuran.

Jarak Hutan Pinus Lembanna dari kota Makassar kurang lebih 64, 2 Km dan ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Dalam perjalanan Anda akan tiba di Kota bunga Malino hingga akhirnya sampai ke Hutan Pinus Lembanna ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini