nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadir Inovasi Kursi Pesawat yang Bikin Penumpang Serasa Berdiri, Nyaman?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 25 406 2070892 hadir-inovasi-kursi-pesawat-yang-bikin-penumpang-serasa-berdiri-nyaman-Xp4q6Oyaot.jpg Kursi berdiri untuk penumpang pesawat (Foto : Telegraph)

Menempuh perjalanan udara, baik durasi penerbangan jarak pendek, menengah, ataupun panjang memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya perihal kursi pesawat yang ditumpangi.

Kenyamanan akan kursi pesawat adalah salah satu faktor yang diutamakan seseorang dalam menempuh perjalanan udara. Namun apa mau dikata, jika menaiki kelas ekonomi kita sejatinya tidak bisa berharap banyak soal kenyamanan kursi pesawat. Nah, lalu bagaimana jika hadir Standing Seat atau kursi berdiri untuk penumpang pesawat kelas ekonomi?

Kursi berdiri yang disebutkan sebagai inkarnasi dari Skyrider ini dihadirkan oleh firma desain asal Italia, Avio Interiors di Paris Air Show. Skyrider 3.0, yang dijanjikan oleh Avio Interiors hadir dengan fitur konsep ultra high density sehingga tidak memakan banyak ruang di dalam pesawat. Hal ini menjadi memungkinkan untuk memasukkan sebanyak mungkin penumpang ke dalam pesawat.

kursi berdiri cape deh

Tidak hanya itu, Skyrider 3.0 ini dibuat dengan menampilkan alas duduk yang terisi (padded) dengan dua variasi warna, yakni merah dan biru. Menyediakan sepanjang 23inci ruang untuk kaki (legroom) atau biasa disebut pitch yang lebih pendek daripada tipe kursi pesawat pada umumnya, 30inci.

Tapi sayangnya, respon dari orang-orang yang kebetulan berkesempatan untuk mencoba Skyrider versi ketiga ini tidak begitu positif. Salah satunya dari Andreas Speath, seorang jurnalis aviasi berbasis di Jerman. Usai mencoba sekitar April 2019 lalu, ulasan Andreas mengatakan bahwa kursi pesawat rasa berdiri ini tidak nyaman digunakan untuk durasi lebih dari 10 menit. Sedangkan pengulas lainnya menyebutkan duduk di Skyrider 3.0 ini adalah torture chamber alias ruang penyiksaan.

Tidak jauh berbeda dengan ulasan di atas, The Point Guy seorang travel blogger dari Amerika mengungkapkan pengalamannya mencoba kursi berdiri ini.

“Bagian lututku begitu kencang berlawanan dengan bagian belakang bangku. Mungkin ketidaknyaman ini mengganggu, tapi menghabiskan waktu 10 menit untuk duduk di saddle seat sepertinya bukanlah ide yang terlalu buruk,” ujarnya.

Kursi Berdiri

Sementara itu, dari pihak Avio Interiors sendiri, Gaetano Perugini, selaku penasihat engineering menyebutkan, model bangku pesawat seperti ini bisa ditawari untuk dihadirkan di pesawat-pesawat kelas ultra-basic economy.

“Pesannya di sini ialah kami bukannya ingin memasukkan ratusan orang dalam kabin. Kami ingin menawarkan konfigurasi multi-class yang mana artinya dalam satu kabin yang sama Anda bisa memiliki standar ekonomi, premium ekonomi, atau kelas bisnis dan ultra-basic ekonomi, sebuah inovasi untuk penumpang dan pihak jasa penerbangan. Di mana hal ini sekarang tampak tidak mungkin dilakukan ketika tujuannya ingin mencapai daya tumpang maksimal penumpang,” ungkap Gaetano, seperti dikutip Telegraph, Selasa (25/6/2019).

Sejauh ini, standing seat “Skyrider 3.0” ini masih membutuhkan pengujian menyeluruh soal konsep keselamatan. Otoritas penerbangan sipil (CAA) yang mengatur penerbangan Inggris mengatakan, kursi berdiri harus 100 persen aman jika ingin benar-benar diaplikasikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini