nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 21:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 25 481 2070878 waspada-jakarta-jadi-kota-dengan-polusi-udara-terburuk-di-dunia-o2chi5MgWl.png Polusi udara di Jakarta (Foto : Ucanews)

Asap kendaraan, debu beterbangan, dan polusi udara yang disebabkan oleh pabrik-pabrik besar adalah gambaran sederhana dari Ibu Kota Jakarta. Bagi sebagian orang hal tersebut dianggap sudah biasa, namun tanpa Anda sadari polusi yang sangat parah bisa mengganggu kesehatan.

Bagi Anda warga Jakarta ada baiknya menggunakan masker setiap kali melakukan aktivitas di luar rumah. Mengapa? Tepat hari ini yakni Selasa (25/6/2019), Jakarta menjadi kota yang memiliki polusi udara terburuk di dunia. Sungguh miris memang mendengarnya, namun kenyataan ini tidak bisa lagi dipungkiri.

tingkat polusi jakarta

Berdasarkan aplikasi Air Visual Jakarta menempati kota dengan tingkat polusi udara terbesar di dunia, disusul dengan Lahore Pakistan, Hanoi Vietnam, Dubai dan Wuhan China. Jakarta berada di posisi tertinggi dengan tingkat polutan sebesar 240 dan masuk dalam kategori sangat tidak sehat.

Polusi Jakarta parah

Bukan hanya Jakarta beberapa daerah di sekitarnya juga memiliki tingkat polusi udara yang hampir serupa. Beberapa titik di antaranya adalah Tangerang, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Tangerang Selatan. Polusi di tempat tersebut sangatlah tinggi dengan kadar yang tak jauh berbeda.

Ternyata hal ini bukan kebetulan atau pertama kali terjadi. Sebelumnya Jakarta juga pernah menjadi wilayah dengan polusi udara terburuk di dunia disusul dengan Denpasar, Bali yang turut menghuni posisi 10 besar. Untuk mencegah masuknya polutan berbahaya ke dalam paru-paru, warga Jakarta disarankan untuk mengenakan masker.

Greenpeace Indonesia

Menurut akun Twitter Greenpeace Indonesia terdapat polutan yang diberi nama PM 2,5. Polutan ini terdiri dari partikel halus yang ukurannya sekira 2,5 mikrometer. Tentunya partikel ini sangat berbahaya jika tanpa disadari terhirup oleh manusia.

Partikel kecil ini dapat dengan mudah masuk ke paru-paru tanpa mampu disaring oleh bulu-bulu halus hidung. Oleh sebab itulah, masker memiliki peranan penting untuk mencegah masuknya debu serta partikel berbahaya ke dalam tubuh manusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini