Jangan Mau Digantung, Ini 5 Tips agar Tak Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 26 196 2071154 jangan-mau-digantung-ini-5-tips-agar-tak-terjebak-dalam-hubungan-tanpa-status-EPR8CFZu49.jpg Tips agar tidak terjebak dalam hubungan tanpa status (Foto : Popsugar)

Sebuah komitmen mungkin salah satu awal dari hubungan tanpa status. Atas dasar komitmen tanpa memperjelas status, hubungan tersebut berjalan dengan kata "jalani saja dulu".

Namun waktu demi waktu berlalu, Anda mulai jenuh dan mempertanyakan "mau dibawa ke mana hubungan ini?". Anda mulai mencari kepastian dan terus-terusan bertanya, apakah ini hubungan tanpa status?

Jika si dia memang sayang, pasti akan tegas memperjelas hubungan Anda. Tapi jika dia hanya main-main dan tidak ada keinginan untuk serius dengan Anda, dia bisa saja langsung pergi meninggalkan walaupun sudah berkomitmen selama bertahun-tahun.

Tidak mau kan terjebak dalam hubungan ini? Berikut adalah 5 cara agar Anda tidak terjebak dalam hubungan tanpa status yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Mengenal kepribadiannya lebih dalam

Saat hendak menjalin hubungan dengan seseorang, cobalah mengenal kepribadiannya lebih dalam. Bisa dengan cara menanyakan teman-temannya atau tanyakan langsung saja padanya.

Sebelum menjalani hubungan lebih lama, coba cari tahu terlebih dahulu tentang reputasinya. Apakah dia setia, playboy atau memang sering menggantungkan harapan? Jika dia sering melakukan hal-hal bersama Anda, tidak menutup kemungkinan jika dia juga melakukan hal yang sama dengan orang lain bukan? Jika dia memang melakukan hal serupa dengan beberapa orang lainnya, berarti Anda harus hati-hati agar tidak terjebak dalam hubungan tanpa status.

Terjebak HTS

2. Buat dinding pertahanan

Dalam hubungan tanpa status, si dia akan memperlakukan Anda layaknya seorang pacar, namun tidak mau mengakuinya di depan umum. Agar tidak terjebak dalam hubungan ini, Anda sendirilah yang harus membuat dinding pertahanan diri. Dua orang yang berteman tidak mungkin jalan bersama ke bioskop dengan berpegangan tangan atau berciuman. Jadi sebaiknya jangan lakukan hal itu jika dia belum mengungkapkan perasaannya kepada Anda.

Anda harus membuat dinding pertahanan dalam diri Anda, mungkin salah satunya dengan berhenti menggodanya dalam bentuk apapun. Jika Anda terbiasa menghubunginya terlebih dahulu, menyentuhnya, atau tertawa manja saat berada di dekatnya, lebih baik tidak lagi melakukannya agar tidak terjebak dalam hubungan tanpa status.

3. Jangan terbawa perasaan

Kenapa Anda bisa terjebak dalam HTS atau Hubungan Tanpa Status? Kenapa selalu ada korban PHP alias Pemberi Harapan Palsu? Kenapa Anda sering merasa kalau si dia itu menaruh hati kepada Anda? Padahal kenyataanya dia memperlakukan Anda sama seperti dia melakukan teman-teman lainnya.

Jawabannya karena Anda terbawa perasaan. Si dia mungkin punya jurus tertentu yang membuat Anda tertarik padanya. Tetapi Anda harus hati-hati dan jangan sampai tergoda kata-kata manisnya. Jika bualannya dimasukkan ke hati, akhirnya Anda akan terjebak dalam hubungan tanpa status. Anda harus bisa pintar-pintar menilai mana kata-kata yang tulus dan hanya dibuat-buat.

teman kantor

4. Batas waktu

Tentukan sampai kapan Anda memberikan kesempatan untuk dia berkomitmen. Misalnya enam bulan atau setahun. Jika sampai akhir batasan waktu tersebut si dia masih belum memberi kejelasan, lebih baik pikirkan ulang apakah harus tetap lanjut atau mungkin lebih baik berakhir dan mencari pasangan yang lebih pasti.

5. Tanya kepastian

Setelah sekian lama Anda dekat dengan seseorang, namun belum ada juga status yang dia berikan, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan bertanya langsung. Tidak perlu terlihat agresif atau menuntut si dia memberikan kepastian dengan menggebu-gebu, cukup tunjukkan saja bahwa Anda hanya ingin tahu agar tidak bertanya-tanya dalam hati. Lebih baik Anda tahu sesegera mungkin, daripada Anda terjebak dalam hubungan tanpa status yang berkepanjangan bukan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini