nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awal Mula Berdirinya Mangkok Ku, Restoran Hits Kolaborasi Kaesang dan Gibran

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 07:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 26 298 2070925 awal-mula-berdirinya-mangkok-ku-restoran-hits-kolaborasi-kaesang-dan-gibran-4Je7vuZzlB.jpeg Randy Julius, Co Founder Mangkok Ku (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Pencinta kuliner ibu kota tengah dimanjakan dengan kemunculan restoran terbaru hasil kolaborasi Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep, dan Chef Arnold Poernomo. Bernama Mangkok Ku, restoran yang memadukan kuliner khas Jepang dan Nusantara ini berada di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Menariknya, sejak booming di media sosial, publik hanya mengetahui bahwa restoran ini dipelopori oleh kedua putra dari Presiden Joko Widodo dan seorang juri dari MasterChef Indonesia. Namun, di balik kesuksesan Mangkok Ku, ternyata masih ada satu lagi sosok yang berperan besar dalam mewujudkan projek restoran berkonsep rice bowl tersebut. Dia adalah Randy Julius Kartadinata.

 Laki-laki berbaju merah

(Randy Julius, Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Berawal dari obrolan ringan

Kepada Okezone, Randy menuturkan bahwa awal mula berdirinya Mangkok Ku dimulai dari sebuah obrolan ringan.

"Jadi ceritanya dulu, ingin bikin usaha kuliner yang bisa dipesan via ojek online saja. Enggak ada niatan bikin restoran seperti ini. Terus iseng ngobrol dengan Gibran, Kaesang, dan Arnold. Eh malah diseriusin jadi resto," tutur Randy Julius Kartadinata, Co Founder Mangkok Ku, saat ditemui Okezone di lokasi, Selasa, 25 Juni 2019.

Pada saat itu, kebetulan Arnold menceritakan pengalamannya membuat rice bowl saat masih tinggal di Sydney, Australia. Berbekal resep hasil racikan Arnold, mereka pun sepakat untuk berkolaborasi mendirikan Mangkok Ku.

 Pemilik Mangkok Ku

Persiapannya pun terbilang singkat. Randy mengatakan hanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan saja sejak obrolan pertama mereka.

"Singkat banget lah cuma tiga bulan. Dua bulan untuk persiapan tempat dan urusan teknisnya, dan satu bulan lagi untuk urusan legalitas," tambahnya.

Baca Juga: Chef Arnold Unggah Foto Selfie Bareng Jan Ethes, Netizen: Ethes Ganteng Banget Ya Allah!

Open kitchen

Sedikit berbeda dari desain restoran pada umumnya, Mangkok Ku mengusung desain open kitchen pada interior internalnya. Dengan demikian para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung aktivitas para chef saat sedang mengolah rice bowl.

Hal ini tidak terlepas dari motto yang mereka tetapkan yakni, 'Bersih, Merakyat, Nikmat, Nyata'.

 Restoran

"Kami mau apa yang terjadi di dapur bisa dilihat oleh para pengunjung. Jadi mereka tahu kualitas bahan-bahan yang kami pakai. Buat orang-orang yang kritis soal kebersihan juga bisa langsung menilai kebersihan tempat kami. Dan satu lagi, pengunjung bisa berinteraksi dengan chef dan karyawan kami," terangnya.

Memasuki hari ke-8 pasca soft launching, Randy mengakui bahwa respons masyarakat sejauh ini cukup positif. Hanya ada segelintir orang yang mengkritisi masalah waktu penyajian.

"Untuk masalah ini kami juga sadari karena antrean pengunjung Mangkok Ku sampai sekarang memang masih sangat panjang. Tapi saya dan tim sudah mencari solusi terbaik agar pengunjung tidak terlalu lama menunggu pesanannya tiba," terang Randy.

Kualitas terjamin

Sementara untuk kualitas bahan makanan, Randy mengklaim bahwa sebagian besar bahan yang digunakan masih dalam keadaan segar dan kualitasnya pun terjamin.

"Dagingnya masih fresh kita tidak pakai yang frozen. Begitu pula dengan telur, maksimal kita hanya menyimpan telur selama dua hari, lalu diganti yang baru. Paling hanya daging sosis yang dimasukkan ke dalam freezer," tukasnya.

 Menu makanan

Hingga saat ini, Mangkok Ku hanya menyediakan 5 pilihan menu utama dan berbagai varian minuman. Salah satu menu andalan dan paling direkomendasikan adalah Mangkok Brisket Onion Sauce With Onsen Egg.

Penasaran seperti apa rasanya? Anda bisa langsung datang ke gerai Mangkok Ku di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Jam operasional mulai pukul 11.00-22.00 WIB.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini