nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya untuk Martabak, Ini Kegunaan Lain SKM

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 27 298 2071700 tak-hanya-untuk-martabak-ini-6-manfaat-lain-susu-kental-manis-cl7pHh0dd2.jpg Susu Kental Manis (Foto: Epicurious)

SUSU kental manis (SKM) sangat dekat dengan kehidupan manusia. Tidak diragukan lagi kehadiran SKM menjadi kunci lezatnya beberapa jenis kuliner Indonesia, seperti martabak.

Beberapa kue dan desert akan berubah menjadi nikmat ketika Anda menambahkan susu kental manis ke dalamnya. Beberapa kuliner khas Indonesia sendiri seperti martabak, es teller hingga roti bakar memakai SKM sebagai bahan campurannya.

Namun, tak hanya sekadar menjadi bahan baku pembuatan, SKM ternyata juga memiliki manfaat lain dalam makanan. Dalam artikel ini Okezone akan membagikan fungsi lain dari SKM, berikut ulasannya :

Susu Kental Manis alias SKM sebenarnya bukan susu

1. Pengganti Santan

Santan menjadi salah satu bahan penting dalam kuliner Indonesia. Mulai dari masakan, kue, hingga minuman. Ekstrak/sari dari perasan daging buah kelapa ini memberikan cita rasa gurih yang membuat sajian jadi lebih sedap.

Tapi, jika karena satu dan lain hal Anda tak bisa menggunakan santan, jangan langsung mogok masak, ya. Peranannya dalam memberikan kekentalan pada kuah dapat digantikan dengan SKM tanpa gula atau sering disebut susu evaporasi, yaitu olahan susu segar yang dihilangkan 60% kadar airnya.

Keunggulan memakai SKM dibanding santan adalah dapat tahan terhadap suhu panas tinggi sebelum menjadi curdle (pisah/pecah).

2. Mengubah Makanan Manis Menjadi Gurih

Tidak hanya untuk hidangan penutup, tambahkan satu atau dua sendok makan SKM sebagai pengganti gula ke dalam rendaman untuk daging sapi atau ayam.

SKM sangat cocok digabungkan dengan masakan yang mempunyai unsur kelapa. Jadi Anda bisa memakai SKM pada hidangan sate atau soto.

3. Membuat Dulce de Leche

Jika Anda sering gagal membuat karamel dari gula langsung, Anda bisa menggunakan SKM untuk mendapatkan karamel yang lezat. SKM sudah setengah jalan menjadi dulce de leche atau permen karamel.

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan tambahan teknik memasak agar SKM menjadi karamel. Prosesnya bisa sesederhana seperti merebusnya dengan panas yang sangat rendah dalam panci atau di atas ketel ganda hingga cairannya berubah menjadi lebih gelap dan tebal.

4. Membuat Es Krim

Nah, jika Anda bosan dengan es krim yang biasa dijual di pasaran, tak ada salahnya jika membuatnya sendiri di rumah. Anda juga tidak memerlukan mesin pembuat es krim profesional untuk menciptakan es krim lembut nan lezat.

Adonan dasar es krim yang super lembut cukup menggunakan kombinasi bahan sederhana SKM dengan santan dan buah-buahan.

5. Membuat Kopi Vietnam

Minuman kopi asal Vietnam yang kini popular di Indonesia adalah salah satu jenis penyajian yang paling mudah dan paling bisa diterima karena menggunakan SKM yang menyamarkan pahitnya kopi.

Dengan menggunakan dark roast coffee dan campuran SKM sebagai penyeimbang rasa pahitnya, Anda bisa bersantai sambil menikmati kopi vietnam.

6. Membuat Ayam Geprek

Menu ayam geprek yang gurih dan sambal yang pedas membuat siapa pun pun selalu tergoda untuk mencicipinya. Jika Anda tidak mempunyai keju mozarella, Anda bisa menggantinya dengan SKM.

Tambahkan SKM secukupnya pada ayam yang akan digeprek secukupnya lalu beri sambal matah. Selain ayam geprek, sambal matah yang dipakai juga bisa ditambahkan SKM untuk penyeimbang dan meningkatkan rasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini