nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Fakta Mengejutkan tentang Bayi yang Baru Lahir, Ibu Muda Jangan Panik!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 27 481 2071462 7-fakta-mengejutkan-tentang-bayi-yang-baru-lahir-ibu-muda-jangan-panik-XMCEz16oIq.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

Kondisi fisik antara orang dewasa dengan anak kecil sudah jauh berbeda. Sama halnya dengan kondisi fisik pada bayi yang baru lahir. Tahukah Anda ada fakta-fakta unik tentang bayi yang baru lahir dan dapat membuat terkejut?

Tidak percaya? Simak saja ulasan fakta unik bayi baru lahir seperti yang Okezone rangkum dari Buzzfeed, Kamis (27/6/2019):

1. Perut bayi baru lahir hanya bisa menampung sedikit makanan

Bayi yang baru lahir hanya dapat menampung sekitar satu sendok teh. Beberapa orang mungkin ada yang pernah mendengar jika ukuran perut bayi baru lahir hanya sebesar kelereng. Namun perut bayi baru lahir akan tumbuh dengan cepat dan mencapai ukuran satu butir telur ayam di hari kesepuluh kehidupan.

 Bayi dibedong

2. Bayi baru lahir sering menangis tapi tidak mengeluarkan air mata

Orangtua tentu menyadari jika bayi yang baru lahir sering menangis. Meski begitu mereka tidak mengeluarkan air mata. Hal ini dikarenakan produksi air mata hanya cukup untuk melumasi dan melindungi mata. Barulah pada usia 1-3 bulan air mata mulai menetes saat menangis dan bertambah seiring berjalannya waktu.

3. Kotoran bayi baru lahir tidak berbau

Kotoran pertama bayi disebut meconium yang merupakan zat lengket seperti tar. Kotoran tersebut merupakan segala sesuatu yang memenuhi usus bayi saat berada di dalam rahim. Selain itu, kotoran juga tidak berbau.

 Bayi

4. Kepala bayi baru lahir berbentuk kerucut

Tulang di tengkorak bayi baru lahir dirancang untuk bergerak agar dapat dengan mudah melewati jalan lahir. Tulang tersebut membuat kepala berbentuk kerucut karena didorong melalui jalan lahir. Biasanya, bentuk kepala akan menjadi bulat setelah beberapa hari.

5. Bayi baru lahir hanya bisa melihat sejauh 20-40 cm

Jarak pandang bayi baru lahir masih terbatas, kira-kira 20-40 cm. Mereka pun biasanya baru hanya bisa melihat warna hitam, putih, dan abu-abu. Selain itu, mereka belum bisa melihat terlalu jelas dan hanya bisa mengenali wajah daripada bentuk atau objek. Bayi baru mengembangkan penglihatan jarak jauh saat usianya menginjak 4 bulan.

6. Sebagian besar bayi baru lahir memiliki rambut halus di sekujur tubuh

Pada tahap terakhir kehamilan, biasanya akan diproduksi lanugo yaitu rambut halus yang menutupi punggung, bahu, telinga, dan dahi bayi. Sebagian besar bayi lahir dengan rambut halus tersebut sehingga seolah-olah tubuhnya dipenuhi rambut. Namun rambut halus tersebut bisa rontok dalam beberapa minggu pertama.

 Bayi

7. Bayi baru lahir tidak sengaja tersenyum

Orangtua pasti senang saat melihat bayi yang baru lahir tersenyum. Tapi tahukah Anda jika sebenarnya bayi tersenyum karena tidak sengaja? Senyum merupakan reflek tubuh bayi yang sedang belajar cara menggerakkan tubuh. Bayi baru bisa tersenyum karena merasa terhibur atau bahagia pada saat usianya menginjak dua bulan.

1
2

Berita Terkait

bayi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini