nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sembarangan! Berlatih di Pusat Kebugaran Ada Tahapannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 19:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 27 481 2071817 jangan-sembarangan-berlatih-di-pusat-kebugaran-ada-tahapannya-Csw1SEL8tx.jpg Atlet perlu berlatih kebugaran agar makin ahli (Foto: Leo/Okezone)

Berlatih di pusat kebugaran kini telah menjadi tren bagi generasi milenial. Mereka berlomba-lomba berlatih fisik demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang diinginkan oleh kebanyakan orang.

Meski demikian, berlatih di pusat kebugaran bukan hanya semata-semata ingin mendapatkan tubuh yang indah dan proporsional. Banyak tahapan dan persiapan yang perlu dilakukan, salah satunya adalah ketahanan fisik.

 studio

(Foto: Ist)

Hal ini pun dibenarkan oleh Atlet Lari, Adinda Sukardi. Menurutnya ada beberapa pondasi yang wajib dilakukan sebelum turun langsung ke pusat kebugaran. Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa latihan ketahanan fisik.

"Mulailah dengan fondasi berupa gerakan seperti plank, push up dan sit up. Tak peduli seberapa cepat dan kuat, kalau base-nya tidak benar maka lama-lama akan rubuh," ujar Adinda Sukardi, Kamis (27/6/2019).

Adinda menyarankan agar masyarakat tidak mencoba alat berat di pusat kebugaran apabila belum mampu melakukan gerakan tersebut. Sebab cidera akan terjadi karena otot tidak siap.

“Lakukan gerakan mendasar secara untuk melatih intensitas otot. Pastikan postur yang dilakukan sudah sempurna agar terhindar dari cidera otot di kemudian hari,” lanjutnya.

Selain itu, masyarakat juga dianjurkan untuk mencari personal trainer (PT) yang tepat dan berkompeten di bidangnya. Tak lupa Anda juga wajib menyesuaikan tujuan fitnes dengan personal trainer, agar tujuan Anda bisa tepat sasaran.

Jika ingin berlatih kebugaran juga harus di tempat yang sesuai. Misalnya di studio F45 yang merupakan studio kebugaran berbasis teknologi nirkabel modern asal Australia.

Studio kebugaran ini terletak di Burza Tower, Kapuk, Jakarta Utara, dilengkapi berbagai perlengkapan olah raga mutakhir guna memfasilitasi penikmat olah raga pemacu jantung.

Direktur F45 Kapuk Utara, Yenna Samantha mengatakan, kekuatan utama dari sebuah studio kebugaran adalah ikatan komunitas sesama pencinta olah raga yang sungguh kuat. "Kami memotivasi satu sama lain untuk berusaha agar senantiasa menjadi sehat."

Selain itu, gerakan latihan di pusat kebugaran F45 di Indonesia sama dengan gerakan di semua studio di seluruh dunia. Sebab gerakannya disusun dengan cermat oleh F45 Athletics and Peak Performance Department yang terdiri dari para pakar olah raga, atlet, dan ilmuwan olah raga dari seluruh dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini