Telapak Tangan Sering Berkeringat Tanda Jantung, Fakta atau Mitos?

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 28 481 2072110 telapak-tangan-sering-berkeringat-tanda-jantung-fakta-atau-mitos-cIhf1YYDz4.jpg Penyakit Jantung (Foto: Telegraph)

Pergeseran gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah pasien penyakit kritis. Kini sudah mulai banyak orang usia muda yang terkena penyakit jantung, padahal jaman dulu, penyakit tersebut banyak diidap oleh usia lanjut.

" Beberapa contoh gaya hidup yang mempengaruhi timbulnya penyakit kritis di antaranya adalah merokok dan stres berlebihan," ungkap dr Indra Manullang, SpPD, KKV RS Siloam Hospitals Semanggi.

Sesuai dengan laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2018 menunjukkan prevelensi penyakit tidak menular seperti penyakit jantung kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi, yang di dalamnya termasuk penyakit kritis, mengalami peningkatan dibandingkan dengan 2013.

Hasil laporan tersebut menyebutkan bahwa penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang mengalami kenaikan paling tinggi yaitu 7% menjadi 10,9%. Sedangkan penyakit ginjal kronik naik 2% menjadi 3,8%. Berdasarkan pemeriksaan gula darah, diabetes melitus naik 6,9% menjadi 8,5% dan hasil pengukuran tekanan darah, hipertensi naik dari 25,8% menjadi 34,1%.

Selain itu, semakin banyaknya penyakit juga semakin banyak kabar simpang siur mengenai mitos dan fakta mengenai suatu penyakit. Salah satunya adalah kabar yang mengatakan bahwa, telapak kanan yang berkeringat menandakan bahwa orang tersebut mengalami penyakit jantung.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular Rumah Sakit Siloam MRCCC Semanggi ini pun memberikan tanggapan mengenai kabar tersebut. Dokter Indra mengatakan bahwa telapak kanan yang berkeringat menandakan penyakit jantung adalah mitos.

"Mitos yah, karena tangan yang sering berkeringat tidak selalu identik dengan penyakit jantung. Keluarnya keringat dingin seperti di telapak tangan bisa juga terjadi karena cemas yang berkaitan ke psikologis," ujarnya saat ditemui di acara AXA Mandiri Health Talk bertajuk Ayo Cegah dan Pahami Penyakit Kritis Sejak Dini di Rumah Sakit Siloam MRCCC Semanggi, Semanggi, Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, tambahnya tangan yang sering berkeringat juga bisa karena gejala penyakit lain seperti maag dan teroid.

"Nggak semua penyakit jantung itu berkeringat. Hal yang pasti terjadi ketika seseorang mengalami penyakit jantung adalah nyeri hebat dibagian dada," terangnya.

Dokter Indra menyarankan ketika seseorang memiliki riwayat penyakit jantung dari keturunan atau memang sudah divonis memiliki penyakit jantung lebih baik segera dikonsultasikan ke dokter agar bisa ditindaklanjuti ke yang lebih ahli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini