nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Legenda Hantu di Jakarta, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Willi Zera Kertangi, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 12:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 28 612 2072062 10-legenda-hantu-di-jakarta-bikin-bulu-kuduk-merinding-7lsrMQHyYm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

URBAN legend atau cerita rakyat memang banyak betebaran di Jakarta, terutama terkait dengan mistis dan hantu. Legenda mistis tersebut datang dari kisah lama tentang gedung tua, rumah sakit, jembatan, bahkan Stasiun kereta.

Walaupun Jakarta adalah kota yang ramai, tidak membuat kota tersebut luput dari cerita-cerita mistis dan hantu tersebut. Melansir berbagai sumber, inilah legenda mistis dan hantu di Jakarta.

1. Menara Saidah

Kalau melewati Jalan Letjen M.T. Haryono, kamu pasti pernah melihat sebuah bangunan bergaya Romawi kuno yang memiliki tiang-tiang penyangga kokoh di bagian depannya. Itulah Menara Saidah, sebuah gedung 28 lantai yang sudah tidak berpenghuni.

Pada 2007, Menara Saidah ditutup karena tak ada lagi perusahaan yang dibuka di sana. Kabar yang berhembus pun menyebut karena adanya kejadian mistis di sana. Tidak sedikit karyawan perusahaan yang melapor bahwa mereka mendengar suara-suara aneh dari gedung tersebut. Beberapa bahkan kabarnya pernah bertemu dengan hantu seperti kuntilanak.

Pada 2007, Menara Saidah ditutup karena tak ada lagi perusahaan yang dibuka di sana.

2. Depo Kereta Api Stasiun Manggarai

Stasiun Kereta Api Manggarai adalah salah satu stasiun besar di wilayah Jakarta karena arealnya yang lebih luas dari kebanyakan stasiun kereta di Jakarta.

Di stasiun kereta api Manggarai terdapat areal yang cukup luas untuk meletakkan gerbong-gerbong kereta. Namun gerbong-gerbong dan lokomotif kereta ini sebagian diantaranya telah rusak akibat kecelakaan-kecelakaan kereta api yang merenggut banyak jiwa penumpangnya.

Beberapa gerbong akibat kecelakaan kereta api termasuk tragedi Bintaro juga nongkrong di sini. Gerbong-gerbong yang tidak terawat itu pun kabarnya menjadi tempat bersarangnya hantu-hantu.

3. Rumah Pondok Indah

Kosong selama puluhan tahun, membuat rumah ini menjadi kandang makhluk astral berkumpul, dan mempunyai daya tarik kuat. Menurut mitos, kalau ada yang memasuki rumah itu maka orang itu kadang tidak akan pernah kembali lagi.

Masih ingat ramainya pembicaraan di akhir September 2002 tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong ini? Kejadian ini jadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya.

Menurut cerita yang beredar lainnya, banyak supir taksi yang lewat situ diganggu. Ada juga yang cerita, menjelang subuh atau habis magrib suka terlihat anak kecil main basket di lapangan parkir.

Ada juga yang cerita, menjelang subuh atau habis magrib suka terlihat anak kecil main basket di lapangan parkir.

4. Pertokoan Klender

Kerusuhan Mei 1998 dianggap sebagai salah satu peristiwa paling mencekam yang pernah terjadi di Indonesia. Saat kerusuhan terjadi, kabarnya gedung Pertokoan Klender yang berada di kawasan Jakarta Timur ini sengaja dibakar. Padahal, saat itu masih banyak karyawan dan pengunjung yang berada di dalamnya.

Mereka yang berada di toko tersebut mencoba mencari jalan keluar. Namun, usaha mereka gagal dan akhirnya terjebak oleh api hingga meninggal terbakar.

Beberapa hari setelah peristiwa kebakaran terjadi, mulai muncul berbagai penampakan yang dikabarkan merupakan korban dari kebakaran Pertokoan Klender.

5. TPU Jeruk Purut

Sudah ada sejak zaman Belanda, TPU Jeruk Purut dikenal sebagai salah satu makam tertua sekaligus tempat angker di Jakarta. Konon, sering muncul penampakan sesosok orang Belanda.

Makhluk ini menampakkan dirinya dalam busana pastor dan berjalan pelan di area kuburan sambil membawa kepalanya sendiri yang sudah terpenggal. Sementara itu, tangan lainnya memegang sebuah lentera minyak.

Nuansa mistis TPU Jeruk Purut telah terkenal sejak tahun 1990-an. Meski begitu, bukannya dihindari TPU angker ini justru sengaja dikunjungi, terutama oleh anak-anak muda yang penasaran dengan suasana di dalam kompleks pemakaman dan ingin menguji nyali.

 Meski begitu, bukannya dihindari TPU angker ini justru sengaja dikunjungi, terutama oleh anak-anak muda

6. Rumah Sakit Salemba

Rumah sakit memang selalu diliputi dengan berbagai cerita horor, terlebih jika rumah sakit tersebut memiliki bangunan yang cukup tua. Dua faktor inilah yang membuat Rumah Sakit Salemba dikenal sebagai salah satu tempat angker di Jakarta.

Kabarnya, cerita horor tentang hantu suster ngesot berasal dari rumah sakit yang berada di Jakarta Pusat ini. Ceritanya, dulu ada seorang suster yang mengalami kekerasan seksual. Ia lalu dibunuh dengan kaki yang juga dipotong oleh pelaku. Konon, setiap sekitar pukul 02:00, sering muncul hantu suster ngesot di Rumah Sakit Salemba.

7. Taman Kota Langsat

Sebenarnya, Taman Kota Langsat merupakan sebuah taman umum biasa. Di dalamnya, terdapat fasilitas jogging track yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Namun, di balik pepohonan rimbun tersebut ternyata tersimpan kisah cukup mistis.

Kejadian aneh kerap muncul di malam hari. Kabarnya, warga di sekitar Taman Kota Langsat cukup sering melihat penampakan kuntilanak dan genderuwo.

Biasanya, penampakan hantu-hantu ini terlihat di pohon-pohon rindang yang tampak begitu angker. Jika ingin melihat langsung taman ini, kamu bisa datang ke kawasan pasar hewan di Barito.


, menurut kabar, saat di lokasi itu belum dibangun jalan, tanah tersebut merupakan lahan untuk kuburan massal.

8. Terowongan Casablanca

Terowongan Casablanca terletak di bawah Jalan Kuningan, Jakarta Selatan, yakni di jalur Jatinegara menuju Sudirman, atau sebaliknya. Dulunya, menurut kabar, saat di lokasi itu belum dibangun jalan, tanah tersebut merupakan lahan untuk kuburan massal.

Pemerintah pun memindahkan kuburan itu untuk dibangun jalan raya. Saat proses pemindahan, dikabarkan ada satu jenazah yang bentuknya masih utuh. Hal ini tentu jadi misteri. Meski demikian, banyak orang percaya penunggu yang ada di kuburan itu belum turut pindah. Mereka masih saja bercokol di lokasi itu.

Setelahnya, banyak kejadian-kejadian yang dianggap aneh kala jalan, bahkan terowongan, sudah berdiri. Terowongan terkesan sangat lembap. Lembapnya berbeda dengan suasana di terowongan lain. Mungkin saja rasa itu berasal dari sugesti-sugesti dari cerita yang beredar.

9. Toko Merah

Pernah jalan-jalan di kawasan Kota Tua? Jika ya, kamu pasti pernah melewati atau melihat bangunan berwarna merah yang memiliki arsitektur khas Tionghoa. Bangunan ini disebut juga dengan nama Toko Merah.

Dari luar, Toko Merah memang terlihat bagus sebagai salah satu spot foto di kawasan Kota Tua. Di balik itu, sebenarnya Toko Merah memiliki sejarah yang cukup menyedihkan.

Sebelum menjadi sebuah toko pada tahun 1851, dulu Toko Merah pernah menjadi tempat penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa. Karena peristiwa tersebut, konon cukup sering terdengar suara tangisan wanita dan langkah kaki tentara dari dalam bangunan.

Cerita ini sangat terkenal era 90-an, bahkan diangkat menjadi film yang terinspirasi dari kisah-kisah yang beredar.

10. Jembatan Acol

Ingat kisah tentang Si Manis Jembatan Ancol yang dipercaya sebagai salah satu makhluk halus penunggu di kawasan ini? Cerita ini sangat terkenal era 90-an, bahkan diangkat menjadi film yang terinspirasi dari kisah-kisah yang beredar.

kisah mengenai Si Manis Jembatan Ancol ini berawal dari kisah kembang desa yang sangat cantik jelita dan berparas manis bernama Siti Ariah.

Namun, kembang desa ini meninggal secara tragis akibat diperkosa. Kemudian jasad kembang desa tersebut dibuang di jembatan sehingga timbul kisah sosok kembang desa yang bergentayangan di kawasan ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini