Modal Rp30 Jutaan Ingin Nikah di Jakarta? Bisa Banget Kok

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 29 Juni 2019 00:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 28 612 2072352 modal-rp30-jutaan-ingin-nikah-di-jakarta-bisa-banget-kok-ssK2mVDD7H.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KALAU kamu bermimpi ingin menggelar pesta pernikahan yang berkesan di Jakarta, tapi punya bujet minim, bisa kok semua itu terwujud. Bisa kok nikah di gedung, dan enggak bakal merepotkan.

Tapi yang harus diingat adalah kalau bujetnya super minim, pastinya daftar tamu undangan nikah yang dibuat tidak bisa banyak-banyak. Kalau bujet minim, pastinya kamu mengusung konsep intimate party wedding, dengan maksimal tamu 250 orang saja.

Meski begitu, pernikahanmu akan lebih berkesan dan diingat banyak orang. Alih-alih banyak yang ingin bikin intimate wedding party seperti kamu, karena nuansanya simpel.

kamu dan pasangan harus mempersiapkan bujet sekira Rp30 jutaan.

Kira-kira kalau mau nikah di Jakarta dengan bujet minim, berapa ya yang harus dipersiapkan? Berdasarkan rekomendasi Okezone, kamu dan pasangan harus mempersiapkan bujet sekira Rp30 jutaan.

Dengan uang segitu, kamu bisa mengadakan pesta kecil-kecilan di gedung lho. Gimana sih triknya? Satu per satu, Okezone bakal beberkan rahasianya. Penasaran kan? Yuk disimak!

Pastikan daftar tamu undangan yang hadir

Selain semua anggota keluarga besar yang hadir, pastikan teman terdekatmu turut memeriahkan intimate wedding party kamu. Coba tentukan berdua dengan pasangan biar enggak ribut ya. Karena minim bujet, pasti kamu harus benar-benar ketat memilah tamu di luar anggota keluarga.

Selain semua anggota keluarga besar yang hadir, pastikan teman terdekatmu turut memeriahkan intimate wedding party kamu.

Pilih gedung

Di Jakarta banyak kok gedung atau aula yang bujet sewanya cuma Rp5 jutaan. Biasanya untuk menghemat bujet akad, bisa memilih aula masjid. Di beberapa lokasi, ada yang menawarkan tempat luas tapi bujetnya terjangkau.

Misalnya nih di Jakarta Pusat, Masjid Al Nizham punya area parkir luas dengan masjid yang syahdu dan aulanya luas sekali, cuma dibanderol Rp5 jutaan dengan waktu sewa 9 jam. Mantap kan?

Tentukan menu catering dan jumlahnya

Ketersediaan makanan dan minuman di dalam pesta pernikahan sudah pasti harus diperhatikan. Sesuaikan dengan jumlah tamu yang akan datang dan jangan sampai kurang. Pilihan menu yang enak disantap juga harus diperhatikan.

Biar acara pernikahan sederhana yang kamu helat tidak digunjing banyak orang. Menurut Okezone siapkan bujet sekira Rp15 juta untuk catering makanan berat dan gubukan. Cara paling hemat yakni Anda bisa memanggil juru masak rumahan dan semua bahan baku langsung beli di pasar dengan bujet yang disiapkan.

Mahar atau mas kawin

Mahar atau mas kawin penting banget nih buat dipersiapkan. Paling umum yakni cincin kawin, seperangkat alat salat atau uang tunai. Kalau mau mewah misalnya cincin berlian, bisa kok beli dengan bujet hemat.

Tinggal hunting ke Cikini Gold Center, kamu akan menemukan cincin kawin favorit. Beli cincin berlian bisa seharga Rp3,5 jutaan tapi berat cincin hanya sekira 2 gram dengan hiasan berlian yang mungil.

Kalau mau sepasang, biasanya cincin kawin laki-laki tersedia dalam bentuk perak atau palladium yang dibanderol Rp1 jutaan.

Kalau mau sepasang, biasanya cincin kawin laki-laki tersedia dalam bentuk perak atau palladium yang dibanderol Rp1 jutaan. Tinggal sesuaikan dengan selera kalian berdua kok!

Bujet beli seserahan

Mikirin seserahan juga jadi kebutuhan penting buat calon pasangan suami istri lho. Biasanya seserahan ini merupakan barang-barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari pakaian, aksesoris, tas, sepatu, perlengkapan rumah tangga, kosmetik, makanan, sampai buah-buahan.

Paling tidak siapkan uang Rp2 jutaan untuk membeli semua itu. Tinggal belanja ke Pusat perbelanjaan grosir, seperti Pasar Tanah Abang atau Thamrin City, kalian bisa dapat banyak barang seserahan dengan harga terjangkau.

Biaya administrasi KUA

Selanjutnya yang mesti dipikirkan kalau menikah dengan bujet minim adalah urusan administrasi KUA. Ini adalah hal yang jarang dipikirkan calon pengantin, padahal penting banget. Gimana kalau nikah enggak pakai penghulu kalau enggak ngurus di KUA.

Buat yang mau nikah di Jakarta, sebelum urus-urus dokumen di KUA dan kelurahan, harus punya sertifikat nikah dari puskesmas. Kalau tidak ada biasanya kamu bakal dipersulit. Kamu wajib melakukan tes kesehatan untuk mencegah penyakit serius.

Setelan itu, datanglah ke KUA dengan membawa berkas N1, N4 dan sertifikat tersebut agar diverivikasi KUA. Setelah itu, kalau mau menikah di luar KUA, kamu wajib setor kas negara sebesar Rp600 ribu. Nah kalau mau hemat, mending pilih akad nikah di KUA karena gratis!

Make up pengantin dan outfit

Biar tampil manglingi, pastinya kamu butuh make up dan outfit pengantin yang cantik dan ganteng. Bisa kok mewujudkan semua itu dengan bujet minim.

Di Jakarta banyak penyewaan outfit pengantin sepasang mulai Rp1,5 jutaan di sebuah sanggar. Kalau mau make up pengantin

Di Jakarta banyak penyewaan outfit pengantin sepasang mulai Rp1,5 jutaan di sebuah sanggar. Kalau mau make up pengantin, ada beberapa jasa yang membandrol bujet mulai Rp2 jutaan. Soal hasil enggak usah diragukan, dijamin cantik karena mereka profesional.

Make up untuk keluarga serta outfit

Tak hanya pengantin, anggota keluarga juga harus tampil cantik di dalam pesta pernikahanmu. Terutama orangtua, kakak atau adik kandung. Soal make up, banyak juga jasa yang menawarkan harga mulai Rp250 ribuan.

Nah, kalau mau outfit cantik, bisa memadu-padankan bahan busana untuk kebaya kembaran atau kemeja batik. Syukur-syukur kalau sudah punya outfit kembaran, tinggal dipadu-padan ulang biar terkesan berbeda.

Dekorasi

Mau dekorasi cantik dan enggak ribet pas nikah nanti? Hunting lewat Instagram, banyak kok yang menawarkan mini backdrop pelaminan dengan harga terjangkau. Salah satu rekomendasinya yakni Wilhelmina Decor, semua pilihan backdrop panggung pelaminan bertema rustik dibanderol mulai Rp3 jutaan.

Mereka siap menampung keinginan dekorasi dari calon mempelai dengan senang hati. Meskipun memakai artificial flowers, hasilnya tetap cantik dan eye cathcing lho!

Rekomendasi souvenir

Ingin memberikan kenang-kenangan sederhana kepada para tamu undangan saat menikah nanti? Tenang, dengan bujet minim kamu bisa pergi ke Pasar Jatinegara, pusatnya souvenir pernikahan.

dengan bujet minim kamu bisa pergi ke Pasar Jatinegara, pusatnya souvenir pernikahan.

Di sana banyak pilihan barang-barang yang biasa dibeli calon pengantin, harganya mulai Rp1.000. Beli sesuai jumlah daftar undangan yang dibuat. Kamu tinggal pilih mana yang cocok, sekalian bisa custom nama dan packaging cantik lho. Dijamin enggak ribet!

Dokumentasi

Enggak lengkap kan kalau kamu menikah, tapi tidak ada dokumentasi foto yang diabadikan, Okezoners! Beberapa fotografer handal biasanya menawarkan promo jasa foto, tapi hasilnya tetap bagus. Sebagai calon pengantin, kamu harus rajin-rajin cek media sosial. Siapa tahu beruntung bisa sewa jasa foto mulai Rp3 jutaan lho!

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini