Begini Ucapan Ijab Kabul, Jangan Sampai Salah ya Biar Sah!

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Sabtu 29 Juni 2019 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 28 612 2072399 begini-ucapan-ijab-kabul-jangan-sampai-salah-ya-biar-sah-Z33g9RFjsP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PROSESI ijab kabul pernikahan merupakan gerbang utama bagi pasangan calon suami istri untuk mengikat satu sama lain dalam sebuah ikatan perkawinan untuk bersama mengarungi bahtera rumah tangga.

Jadi atau tidaknya, sah atau tidaknya pasangan calon suami istri menjadi pasangan suami istri sangat ditentukan oleh sah atau tidaknya proses akad nikah yang di antaranya terdiri dari unsur ijab dan qabul.

Di beberapa daerah di Indonesia kerap dijumpai satu pemahaman di masyarakat bahwa salah satu syarat sahnya ijab kabul adalah apabila diucapkan dalam satu tarikan napas. Maka, tak jarang sebagian saksi ijab kabul diulang, dengan alasan mempelai laki-laki tidak mengucapkan kalimatnya dalam satu napas.

dengan alasan mempelai laki-laki tidak mengucapkan kalimatnya dalam satu napas.

Lantas, bagaimana ucapan ijab kabul yang benar? Berikut beberapa rincian keterangan ulama yang bisa membantu memahami syarat ijab kabul ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Di antara rukun nikah adalah adanya ijab kabul. Ijab adalah perkataan wali pengantin wanita kepada pengantin pria: Zawwajtuka ibnatii…, saya nikahkan kamu dengan putriku….

Sedangkan kabul adalah ucapan pengantin pria: Saya terima…

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini