nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Salju, Puluhan Ribu Wisatawan Serbu Gunung Bromo

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 29 Juni 2019 01:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 29 406 2072428 fenomena-salju-puluhan-ribu-wisatawan-serbu-gunung-bromo-LbLR0M4B74.jpg Fenomena salju di Gunung Bromo

MALANG - Fenomena adanya salju di Gunung Bromo beriringan dengan liburan sekolah membuat wisatawan terus berdatangan.

Dari catatan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) jumlah wisatawan di Gunung Bromo mengalami kenaikan signifikan sepanjang bulan Juni 2019 ini.

Fenomena Frost yang memunculkan salju di Bromo

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Data Evaluasi, Pelaporan, dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengatakan sepanjang Juni 2019 hingga 25 Juni 2019 saja tercatat sudah di kisaran angka 84.000 pengunjung.

"Kalau untuk Mei 2019 di Bromo Semeru mencapai 53.686 pengunjung. Kenaikannya juga signifikan," tutur Sarif.

Para Wisatawan usai menyaksikan sunrise di Gunung Bromo

Dirinya juga menyebut kenaikan tersebut bisa disebabkan karena ketertarikan adanya fenomena frost yang dianggap momen eksotik dan langka di Gunung Bromo.

"Selain fenomena frost, bisa juga di pengaruhi oleh libur sekolah pasca libur lebaran," lanjutnya.

Sementara itu pengusaha travel Rio meyebut memang ada kenaikan signifikan terhadap pengunjung wisatawan yang menuju ke Gunung Bromo dan Semeru.

"Ada kenaikan 60 persen memang dibandingkan bulan sebelumnya. Rata - rata pengunjung bawa mobil sendiri," ungkap Rio.

Gunung Bromo tertutup salju

Fenomena salju atau frost memang kerap muncul saat memasuki musim kemarau di kawasan Gunung Bromo Semeru. Suhu udara yang dingin mencapai angka 8 derajat sampai 12 derajat saat siang hari, dan 0 derajat sampai 7 derajat saat malam hingga pagi hari.

Kawasan wisata Bromo menyajikan pemandangan sunrise yang memesona dari Puncak Penanjakan. Usai menyaksikan matahari terbit, wisatawan biasanya melihat kawah Gunung Bromo yang masih aktif. Aktivitas selanjutnya bisa berfoto di lautan pasir, bukit Teletubies dan menyaksikan pusaran angin di Pasir Berbisik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini