11 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Nikah, Awas Skip

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Sabtu 29 Juni 2019 10:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 29 612 2072495 11-hal-yang-harus-diperhatikan-ketika-ingin-nikah-awas-skip-FPNQQNM8Tl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNIKAHAN merupakan salah satu momen bahagia dalam kehidupan seseorang. Karenanya, persiapan untuk acara bahagia ini harus dilakukan secara matang.

Menurut Managing Director Parakrama Organizer, Tommy Yoewono, yang juga seorang Penyelenggara Pameran Pernikahan "Gebyar Pernikahan Indonesia", waktu yang ideal untuk mempersiapkan pernikahan adalah satu tahun sampai enam bulan.

Berikut ini tim Okezone telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa hal yang harus disiapkan sebelum acara pernikahan. Simak yuk!

1. Daftar harga dan anggaran biaya

Jika Anda dan sang kekasih sudah berniat untuk menikah, kalian harus mulai terbuka mengenai kondisi keuangan masing-masing. Kalian harus menetapkan anggaran biaya maksimal untuk acara pernikahan kalian.

Dalam beberapa tradisi, pihak keluarga mempelai wanita biasanya akan menanggung sebagian besar biaya pernikahan. Jika Anda dan pasangan mengikuti tradisi ini, buatlah rincian keuangan yang akan menjadi tanggung jawab pihak keluarga mempelai pria.

pihak keluarga mempelai wanita biasanya akan menanggung sebagian besar biaya pernikahan

Selain itu, kalian harus membuat daftar harga untuk menentukan perkiraan biaya penyewaan gedung, katering, dekorasi, hiburan panggung, hingga pakaian. Selain itu, ingat-ingat juga kenalan fotografer, makeup artist, penyanyi, hingga pembuat undangan yang Anda punya. Lumayan kan siapa tahu bisa dapat potongan harga!

2. Pilih cincin pernikahan

Cincin pernikahan merupakan simbol ikatan yang bernilai sakral dan tentu akan digunakan seumur hidup. Mencari cincin pernikahan saat ini bukanlah hal yang sulit.

Ada banyak toko yang sudah menyediakan cincin untuk pasangan tanpa perlu dipesan lebih dulu. Jika ingin membuatnya secara personal, Anda bisa meminta grafir nama Anda dan sang kekasih di dalam cincin.

3. Diskusikan pilihan tanggal pernikahan

Walaupun pasangan hidupmu hanya satu, tetapi pilihan tanggal menikah tidak boleh hanya satu. Terdapat dua hal yang harus diperhatikan saat menentukan tanggal pernikahan. Pertama, di tanggal tersebut keluarga kedua mempelai harus bisa meluangkan waktu mereka.

Lebih baik lagi jika mempelai dan kedua orangtua juga bisa meluangkan waktu 1-2 hari sebelum dan setelah pernikahan, hal itu bertujuan untuk mempersiapkan energi serta memulihkan diri dari acara yang melelahkan sebelum kembali menjalani hidup seperti biasa.

Kedua, tanggal pernikahan juga akan menentukan ketersediaan gedung dan pemesanan vendor pernikahan yang lainnya. Jangan sampai di tanggal tersebut, gedung yang Anda pesan ternyata dipakai oleh pasangan lain. Jadi, pastikan pilihan tanggal pernikahan anda secara matang.

4. Tentukan jumlah tamu undangan

Jumlah tamu undangan akan mempengaruhi jumlah uang yang keluar dalam acara pernikahan, sehingga Anda wajib mempertimbangkannya sejak awal. Undangan yang banyak juga akan berdampak dengan biaya katering, souvenir, dan bahkan gedung yang akan disewa nanti. Sehingga Anda harus benar-benar memperhitungkannya dengan matang.

 tanggal pernikahan juga akan menentukan ketersediaan gedung dan pemesanan vendor pernikahan yang lainnya

Pernikahan yang besar akan mengundang 1.000-2.000 tamu. Namun, Anda juga bisa hanya mengundang 500-700 tamu atau mungkin pesta privat dengan tamu undangan kurang dari 200. Semua tergantung dari kesepakatan kalian dan keluarga.

5. Tentukan tempat pernikahan

Lokasi pernikahan juga menjadi faktor penting dalam persiapan pernikahan. Lakukan pemilihan tempat ini jauh-jauh hari agar gedung yang Anda idam-idamkan tidak dipesan orang lain. Jangan lupa, sesuaikan kapasitas tempat dengan jumlah tamu yang akan diundang nanti agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Jika memang tidak mau menyewa gedung, Anda bisa menjadikan rumah Anda atau pasangan sebagai bahan pertimbangan, pengeluaran Anda dijamin akan lebih hemat!

6. Tema pernikahan

Upacara pernikahan bisa dipandang sebagai perayaan atau penghormatan budaya serta agama. Dalam menentukan tema pernikahan, Anda harus memperhatikan syarat apa saja yang harus dipenuhi dalam agama. Selain itu jika memang Anda melaksanakan pernikahan dengan adat, cari tahu apa saja ritual yang harus dilakukan saat pernikahan. Tema pernikahan ini harus disesuaikan dengan anggaran yang ada ya!


7. Memilih katering

Acara resepsi pernikahan biasanya dinilai dari kateringnya. Bukan dari jumlah makanan yang disajikan, tetapi dari rasa makanannya. Pastikan Anda memakai vendor katering yang sudah tidak diragukan lagi ya cita rasanya!

Pastikan Anda memakai vendor katering yang sudah tidak diragukan lagi ya cita rasanya!

8. Mencari jasa vendor

Dekorasi, tata rias dan busana pengantin adalah sejumlah kebutuhan yang akan memakan biaya yang cukup besar. Menggunakan jasa dari satu vendor untuk semua kebutuhan ini bisa meringankan pengeluaran Anda dan mendapatkan harga yang paling hemat dari mereka.


9. Souvenir

Selain kebutuhan yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus memperhatikan budget saat memesan souvenir pernikahan. Tak harus mahal atau mewah kok, yang penting souvenir ini bisa bermanfaat bagi para tamu undangan.

10. Undangan

Tommy mengatakan semakin cepat mencetak undangan akan semakin baik. Jika Anda mencetak undangan dengan cepat berarti Anda juga bisa segera menyebarkan undangan pernikahan dengan cepat. Jika undangan telat disebarkan, risikonya agak tinggi.

"Banyak tamu yang undangannya tidak sampai atau segala macam. Untungnya zaman sudah agak berubah ya, teknologi sudah digital jadi kartu undangan pun sudah transformasi dari printing ke online. Pelan-pelan saya yakin akan seperti itu." ucap Tommy.

11. Urus surat ke KUA

Terakhir! Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mendaftarkan pernikahan ke KUA. Tujuan pernikahan adalah mengesahkan cinta kalian. Jadi percuma menggelar pernikahan semahal apapun jika akhirnya tidak sah di mata agama dan negara. Anda harus persiapkan semua berkas-berkas yang wajib disertakan dengan baik. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

1
4
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini