Ketika Prosesi Ijab Kabul Malah Bikin Ngakak

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Sabtu 29 Juni 2019 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 29 612 2072657 ketika-prosesi-ijab-kabul-malah-bikin-ngakak-SKu4cesEAV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AKAD nikah atau ijab kabul merupakan momen paling sakral dalam prosesi pernikahan. Prosesi inilah yang akan menentukan sah tidaknya atau halal tidaknya status hubungan suami istri.

Karena sering dianggap sebagai momen krusial dan harus dihafalkan, tak heran banyak kesalahan yang sering terjadi saat ijab kabul yang dikarenakan grogi atau deg-degan.

Melansir berbagai sumber, Okezone telah merangkum beberapa kesalahan dan kejadian lucu selama ijab kabul di Indonesia.

1. Mendahului penghulu

Prosesi akad nikah memang sangat mendebarkan. Namun selain itu, nampaknya pengantin pria yang satu ini sudah tidak sabaran untuk mengucapkan kabul.

Setelah penghulu selesai membaca doa dan kemudian menjabat tangannya, sang mempelai pria langsung menjawab "saya terima nikahnya", padahal penghulu belum mengucapkan akadnya. Hal tersebut lantas membuat seluruh saksi yang hadir tertawa karena aksi si pengantin pria.

2. Mengikuti ucapan penghulu

Lain lagi dengan mempelai yang satu ini. Saat tiba giliran Ia melafalkan kalimat ijab kabul, Mempelai pria justru mengulangi kalimat yang diucapkan oleh penghulu, seperti akan menikahkan calon istrinya. Jadi sebenarnya yang mau nikah siapa sih?

3. Langsung menjawab sah

Semua orang tahu bagaimana deg-degannya acara penting seperti ini. Inilah alasan kenapa sebelum ijab kabul harus latihan dulu. Tujuannya biar tidak salah menjawab seperti mempelai pria satu ini.

Ketika penghulu baru menyelesaikan membaca akadnya, si pengantin pria ini langsung menjawabnya dengan kata “Sah”. Karena kejadian ini, suasana yang tadinya tegang jadi lebih rileks dan menyenangkan.

4. Salah ucap nama

Ternyata tidak hanya pengantin pria yang gugup saat melaksanakan ijab kabul. Seorang ayah yang sedang mengucapkan ijab dalam prosesi akad pernikahan anaknya, salah menyebut nama lengkap putrinya sendiri. Ia malah menyebut nama salah satu pedangdut legendaris. Wah, saking groginya malah jadi sebut nama idola ya pak!

5. Ijab kabul tercepat sepanjang masa

Selain lantang dan melafalkan kalimat dengan jelas, aturan ijab kabul yang baik adalah melantukan kalimat penerimaannya dengan satu tarikan nafas saja, sehingga mempelai pria harus mengatakannya dengan cepat.

Seperti halnya mempelai pria satu ini. Tanpa basa-basi ia menjawab kalimat si penghulu dengan kecepatan yang sangat tinggi seperti rapper profesional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini