nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos Seputar Pernikahan di Indonesia, soal Cincin hingga Melangkahi Saudara Kandung

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 30 Juni 2019 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 30 196 2072900 mitos-seputar-pernikahan-di-indonesia-soal-cincin-hingga-melangkahi-saudara-kandung-l8IGhJdzsl.jpg Mitos pernikahan di Indonesia (Foto: Torontostar)

MITOS-mitos yang menyangkut seputar pernikahan sejatinya sudah lama beredar, di berbagai penjuru dunia manapun.

Salah satunya termasuk di Indonesia, yang mana kental dengan adat ketimurannya. Ditambah lagi Indonesia hadir dengan begitu banyak adat istiadat, suku dan budaya. Penasaran kan dari sekian banyak mitos seputar pernikahan yang ada di Indonesia, apa saja di antaranya? Menghimpun berbagai sumber, Minggu (27/6/2019) berikut di bawah ini ulasan beberapa di antaranya.

 Okezone weekend

1. Jangan menjatuhkan cincin

Kabarnya jika cincin pernikahan sampai jatuh, disebutkan maka pengantin akan meninggal. Jadi siapapun yang menjatuhkan cincin pernikahan tersebut, entah Anda sendiri atau pasangan Anda maka dia lah yang akan meninggal. Terlepas benar atau tidak, sejatinya cincin pernikahan memang betul-betul dipegang erat.

 Cincin kawin

2. Jarang hadiri undangan makin jauh jodoh

Salah satu mitos yang rasanya bisa jadi reminder bagi kita semua. Cukup banyak orang yang menyakini jika semakin malas menghadiri pesta pernikahan padahal sudah diundang, maka jodoh orang tersebut semakin jauh. Well, benar atau tidak yang pasti mitos ini bisa jadi pengingat bagi kita agar tidak malas atau mencari-cari alasan tidak menghadiri pesta pernikahan.

3. Dilarang konsumsi sayap ayam

Tahukah Anda bahwa ada mitos yang menyebutkan perempuam yang belum menikah dilarang mengonsumsi daging ayam bagian sayap. Sebab diyakini jodohnya bisa terbang menjauh seperti halnya sayap ayam. Ada lagi mitos seputar pernikahan lainnya, klik halaman selanjutnya.

4. Konsultasi orang pintar

Dalam banyak kepercayaan di dalam suku,terutama suku Jawa yang namanya tanggal pernikahan mitosnya harus dikonsultasikan kepada "orang pintar". Hal ini dilakoni selain agar terpilih tanggal yang baik untuk menggelar acara pernikahan dengan lancar tanpa hambatan. Tetapi juga berpengaruh pada nasib rumah tangga kedua mempelai.

5. Melangkahi saudara kandung

Nah ini adalah salah satu mitos perihal pernikahan yang paling populer. Cukup banyak orang yang menyakini bahwa sebaiknya seorang adik tidak melangkahi kakaknya,alias tidak menikah duluan jika sang kakak masih belum menikah karena katanya malah bisa membuat jodoh sang kakak semakin lama datang menghampiri. Jika terdesak, solusinya adalah sang adik harus memberikan hadiah kepada sang kakak sesuai kehendak sang kakak. Sejatinya setiap orang memiliki waktu masing-masing soal jodoh bukan?

6. Dilarang menikah di bulan Suro

Dalam keyakinan suku Jawa disebutkan adalah larangan jika memilih menikah waktu di bulan Suro. Sebab menikah di bulan Suro ini diyakini bisa membawa keburukan, musibah bagi kehidupan rumah tangga kedua mempelai.

7. Bunga melati pengantin 

Mitos satu ini diperuntukkan bagi wanita yang masih single. Katanya jika ingin jodoh cepat datang menghampiri, saat datang ke pesta pernikahan harus mengambil hiasan bunga melati di rambut pengantin wanita tapi tanpa sepengetahuan sang pengantin. Sulit juga ya!

8. Wajib pingit

Sebagian pihak mempercayai bahwa saat masa mendekati acara pernikahan, kedua calon pengantin dilarang keluar rumah untuk beraktivitas apalagi saling bertemu. Jika tidak melakukan pingitan dengan nekat bertemu atau nekat beraktivitas, katanya bisa mendatangkan kesialan dalam pernikahan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini