Diplomasi Batik ala Iriana di KTT G20 Jokowi Sukses Bikin Netizen Gagal Fokus

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 01 194 2072992 diplomasi-batik-ala-iriana-di-ktt-g20-jokowi-sukses-bikin-netizen-gagal-fokus-0gcV7DitpL.png Busana Iriana di KTT G20 Jepang (Foto: Instagram)

Iriana Joko Widodo tampil memukau saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Jepang, 28 Juni 2019 lalu. Ia mengenakan pakaian nasional Indonesia berupa baju kurung berwarna pastel yang dipadukan dengan kain dan selendang batik.

Pilihan busana itu sukses menarik perhatian netizen Indonesia. Bagaimana tidak, Iriana Joko Widodo tampak berbeda dengan para ibu negara lain yang memilih untuk mengenakan summer dress. Ambil contoh saat Iriana mengikuti sesi foto bersama para istri pemimpin G20 di Osaka.

Ia memilih mengenakan baju kurung berwarna oranye, kain, selendang batik, dengan gaya rambut disanggul. Penampilannya itu semakin sempurna dengan penggunaan aksesoris tambahan berupa tas tangan kecil berwarna hitam.

Hasil penelusuran Okezone dari berbagai sumber, motif batik Parang Buketan yang ia kenakan pun tidak sembarangan, tetapi memiliki makna yang tersirat, dan berkaitan dengan filosofis seorang pemimpin.

Penggunaan batik dalam acara kenegaraan sebetulnya sudah sering dilakukan Iriana. Sebagaimana diketahui, pakaian tradisional merupakan salah satu bentuk soft diplomasi yang elegan di kalangan pejabat negara. Terlebih, Presiden Jokowi memang tengah menjadi perhatian dunia pasca putusan MK yang menobatkannya sebagai pemenang sah Pilpres 2019.

Beralih ke foto selanjutnya. Foto ini diabadikan saat Iriana Joko Widodo dan Jokowi tengah asyik bercengkerama dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Iriana lagi-lagi memadukan baju kurung berwarna cream dengan selendang batik bermotif parang.

Penampilannya itu semakin terlihat elegan dengan tambahan kalung beraksen bunga yang melingkar cantik di lehernya. Di samping kirinya, Presiden Joko Widodo tampak mengenakan setelan jas berwarna navy yang dipadukan dengan kemeja putih dan dasi merah. Mereka benar-benar sangat serasi!

 

Melihat unggahan tersebut, sejumlah netizen pun memuji penampilan Iriana yang terlihat cantik dan elegan.

"Ibu kita anggung kebanggaan Indonesia. Semoga sehat selalu amin," tulis akun @bang_antok_lovers

"Ibu kita cantik dan manis ya," tulis akun @ritania148

"Emang busana batik paling the best dah," tulis akun @edwinsuryamuliadi

"Berani berdiri dengan mengedepankan kebudayaan bangsa sendiri itu sangat luar biasa. Jaya terus budaya bangsa Indonesia," tulis akun @adenl6677

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini