nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Sushi Bukan Berasal dari Jepang

Azy Djatmiko Ramadhan, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 01 298 2073253 ternyata-sushi-bukan-berasal-dari-jepang-XreYpCTsCv.jpeg Ilustrasi (Foto: Japaninfo)

Siapa yang tidak mengenal sushi, hidangan khas Jepang berbahan utama ikan mentah yang dilapisi dengan nasi berbumbu khas dan berbalut rumput laut. Sushi biasanya dihidangkan dengan beberapa macam jenis ikan seperti salmon, tuna, yellowtail, dan halibut.

Hidangan ikan mentah ini dapat ditemui di mana-mana di seluruh dunia. Mulai dari penjual kaki lima, ruko-ruko pinggir jalan, sampai dengan restoran-restoran yang biasanya terdapat di pusat perbelanjaan. Namun, tahukah kalian bahwa sushi ternyata bukan berasal dari Jepang seperti kebanyakan dari kita tahu.

Sushi

Dilansir dari South China Morning Post, Senin (1/7/2019), sebenarnya sushi terinspirasi dari makanan yang dijual di sekitar Sungai Mekong, Asia Tenggara yang kemudian diekspor ke AS dan seluruh dunia.

Pada awalnya sushi merupakan hidangan ikan yang difermentasi dengan nasi asin yang tidak cukup layak untuk dimakan. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi menyebabkan munculnya berbagai macam varian baru dari hidangan ikan mentah ini seperti nigiri irisan ikan mentah yang disajikan di atas kepalan nasi, nori maki disajikan dengan membalut nasi beserta isiannya dengan rumput laut, dan sashimi. Kalau kamu tidak suka makanan mentah sebaiknya jangan memesan menu ini.

Sushi

Tidak hanya dari segi penampilan sushi dapat dinilai enak, akan tetapi kualitas sushi terletak pada potongan ikan, kesegaran ikannya, asal beras yang digunakan, jenis cuka dan gula yang digunakan, dan bagaimana cara sushi tersebut diolah dan dibumbui sehingga tercipta cita rasa yang memanjakan lidah.

Dilansir dari Asian Inspiration, berikut tiga fakta unik seputar sushi:

1. Dulu, sushi dikonsumsi tanpa nasi

Fermentasi nasi yang bercita rasa asam hanya digunakan untuk mengawetkan ikan. Biasanya, nasi akan dibuang setelah itu.

 Sushi

2. Jangan mencocol bagian nasi pada sushi

Jika ingin menikmati sushi dengan kecap asin, usahakan hanya topping-nya saja yang menyentuh kecap. Tekstur nasi yang lengket harus tetap terjaga untuk menghargai proses pembuatannya.

 

3. Sushi terlama di Jepang bercita rasa seperti keju

Jenis sushi tertua di Jepang, yakni funazushi, dibuat dengan teknik khusus dan melalui proses fermentasi selama tiga tahun, sehingga menghasilkan rasa yang serupa dengan keju pedas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini