nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sukses Tarik 6,8 Juta Pengunjung, Jakarta Fair Kemayoran 2019 Resmi Ditutup

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 00:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 01 406 2072934 sukses-tarik-6-8-juta-pengunjung-jakarta-fair-kemayoran-2019-resmi-ditutup-mzFqKSgd7D.jpg Penutupan Jakarta Fair Kemayoran 2019 (Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

SETELAH 1 bulan dibuka untuk umum, pameran terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fair Kemayoran 2019 resmi ditutup. Penyelenggaraan JFK tahun ini, merupakan yang ke-52 kalinya sejak pertama diadakan pada tahun 1968.

Setiap tahunnya, Jakarta Fair Kemayoran selalu membuat tema-tema yang berbeda. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Jakarta Fair Indonesia Bersatu’ dengan sub tema ‘Indonesia dalam rangkaian Bhinneka Tunggal Ika’.

Lautan Manusia di Jakarta Fair Kemayoran 2019

Tema tersebut diambil karena JFK sebagai salah satu event terbesar di Indonesia dapat menjadi pemantik semangat persatuan masyarakat Indonesia.

Sejak dibuka pada 21 Mei - 30 Juni 2019, total penjualan JFK 2019 mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Marketing Director PT JIExpo Ralph Scheunemann.

Jakarta Fair Kemayoran 2019 resmi ditutup

"Target kami udah sudah tercapai bahkan lebih. Tahun ini, jumlah transaksi meningkat jadi Rp7,5 triliun. Di mana tahun lalu hanya menyentuh angka Rp7,1 triliun," terang Ralph, saat ditemui oleh awak media di panggung utama JFK 2019, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).

Begitu pula dengan jumlah kunjungan. Total pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2019 mencapai 6,8 juta orang, di mana tahun sebelumnya hanya 6,5 juta saja.

Kendati demikian, Ralph mengungkapkan bahwa ada sejumlah evaluasi yang harus segera dibenahi untuk tahun-tahun mendatang. Salah satunya terkait penyebaran jumlah kunjungan yang dianggap belum merata.

Ia mengatakan, jumlah pengunjung di akhir pekan terlalu padat dibanding hari biasa. Oleh karena itu, Ralph dan timnya akan terus melakukan terobosan baru demi meratakan jumlah kunjungan tersebut.

"Sebetulnya kalau mau lebih nyaman memang datang hari Senin-Kamis karena tidak terlalu ramai. Ke depannya kami akan membuat formula baru yang lebih ampuh. Tahun ini sebetulnya kami sengaja memasang artis top sepertic Sheila on 7, di hari biasa, dan hasilnya memang sangat berpengaruh sekali," terang Ralph.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, strategi tersebut berhasil memindahkan jumlah kunjungan di akhir pekan ke hari biasa sebanyak 10%.

"Targetnya sih mau 30% pengunjung pindah ke hari biasa. Di hari Senin harga barang-barang juga lebih murah. Tapi kebiasaan orang Indonesia itu ketika suasana makin ramai, makin mereka kunjungi," tukas Ralph.

Penutupan JFK 2019 juga dimeriahkan oleh fashion show dari Miss Jakarta Fair 2019, pesta kembang api dan penampilan Fourtwnty.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini