nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Daerah Mana Paling Kotor?

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 12:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 01 612 2073062 jakarta-kota-dengan-polusi-udara-terburuk-di-dunia-daerah-mana-paling-kotor-erCtUyczLU.png Polusi Udara. (Foto: Ucanews)

POLUSI udara telah menjadi satu dari sekian banyak masalah yang belum bisa dituntaskan. Solusi permanen dari kondisi nahas ini tak juga tegas diselesaikan oleh pemerintah, sementara dampak dan jangkauannya kian hari makin memprihatinkan bagi masyarakat.

Jakarta pun dinyatakan sebagai kota dengan polusi udara paling buruk di dunia. Lantas, di manakah daerah-daerah yang menyumbang polusi paling besar untuk Ibu Kota Negara Republik Indonesia ini?

Merangkum dari data AirVisual pada pukul 10.00 WIB. Nilai ini tercatat dari data-data yang dihimpun oleh tujuh alat pengukur kualitas udara yang tersebar di DKI Jakarta. Satu terpasang di Jakarta Barat, tiga di Jakarta Pusat, satu di Jakarta Timur, dan dua di Jakarta Selatan.

Polusi Jakarta parah

Berdasarkan aplikasi Air Visual, Jakarta menempati kota dengan tingkat polusi udara terbesar di dunia, dan daerah-daerah di Jakarta yang terpantau memiliki kualitas udara paling buruk di Jakarta antara lain Pejaten Barat, Mangga Dua Selatan, Rawamangun, Pegadungan, Kedutaan Besar AS di Jakarta Selatan, Kedutaan Besar AS di Jakarta Pusat, dan Kemayoran.

Pejaten Barat berada di posisi tertinggi dengan tingkat polutan sebesar 167 dan masuk dalam kategori tidak sehat. Sementara Mangga Dua Selatan tercatat sebesar 166, disusul Rawamangun sebesar 165.

Menariknya, kedutaan besar AS di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan juga menjadi daerah yang rawan polutan sebesar 158 dan 157.

Menurut AirVisual, kondisi udara yang buruk dengan nilai AQI berada pada rentang 201-300 dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat pada umumnya.

 kondisi udara yang buruk dengan nilai AQI berada pada rentang 201-300 dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat pada umumnya.

Polusi udara yang kian memburuk dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari yang paling utama yakni penyakit saluran pernapasan, kardiovaskular, hingga penyakit lain yang menyerang organ tertentu.

Pada ibu hamil, polusi udara juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, gangguan pertumbuhan janin, kelahiran prematur, serta gangguan perkembangan mental dan fisik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini