nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Tanda Cowok Mulai Cemburu, Jangan Disepelekan Ya

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 14:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 02 196 2073632 3-tanda-cowok-mulai-cemburu-jangan-disepelekan-ya-uv9CURHlxz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM sebuah hubungan, cemburu bukanlah hal yang tabu. Perasaan ini dapat muncul baik pada pria maupun wanita. Akan tetapi, terdapat beberapa tanda yang muncul khusus pada pria yang menandakan bahwa dia sedang cemburu berat. Apa saja, ya?

Sebelum mengetahui apa saja tanda-tanda pria sedang cemburu berat, mari simak terlebih dahulu mengapa rasa cemburu bisa muncul dalam sebuah hubungan. Cemburu bukanlah suatu perasaan yang bisa Anda atur. Perasaan ini muncul secara alami dan dapat terjadi pada semua orang.

Kecemburuan muncul karena adanya keinginan untuk menutupi perasaan dan sikap orang lain yang dianggap menyakitkan oleh Anda.

Oleh karena itu, Anda sering merendahkan dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Biasanya, hal ini terjadi akibat adanya rasa malu, tidak aman, dan kepemilikan yang hadir di dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, Anda sering merendahkan dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Ketidakpercayaan diri sering menjadi akar dari munculnya perasaan cemburu, baik di dalam hubungan asmara maupun hubungan lainnya.

Walaupun tidak berbahaya, perasaan yang sering dinilai sebagai bentuk kasih sayang ini bisa berpengaruh besar terhadap hubungan Anda.

Itu sebabnya, mengetahui ciri-ciri pria yang sedang cemburu merupakan langkah yang baik sehingga Anda dapat mengatasi masalah yang muncul akibat rasa cemburu.


1. Suka menuduh tidak jelas


ika seorang pria merasa tidak aman dan takut dalam hubungan asmaranya,

Salah satu pemicu munculnya rasa cemburu adalah rasa cemas dan takut. Jika seorang pria merasa tidak aman dan takut dalam hubungan asmaranya, kebiasaan menuduh pasangannya menjadi sering dilakukan.

Hal tersebut terjadi karena pria tersebut merasa tidak berdaya dan menyebabkan mereka membuat tuduhan yang tidak berdasar.

Misalnya, Anda sering bepergian dengan rekan kerja yang memang masih dalam satu tim dan harus sering bersama-sama. Menurut pasangan Anda, Anda terlalu banyak menghabiskan waktu dengan teman Anda tersebut.

Nah, dari sinilah kemudian muncul berbagai spekulasi dan tuduhan tidak jelas, seperti kemungkinan Anda berbohong sampai selingkuh.

Oleh karena itu, pria yang suka menuduh macam-macam tanpa bukti yang jelas biasanya akan minta untuk terus diyakinkan bahwa Anda hanya mencintai dirinya. Jika tanda ini sudah muncul, bisa jadi memang pria tersebut sudah mulai terbakar cemburu.

2. Muncul sifat posesif

Posesif merupakan sifat seseorang yang senang membatasi gerak-gerik pasangannya. Ke mana pun Anda pergi dan bersama siapa saja, Anda harus selalu melapor. Jika diamati dengan saksama, sifat posesif ini sering menjadi sumber masalah dari pertengkaran Anda berdua.

Tentu saja Anda pastinya lama-lama akan merasa gerah memiliki pasangan posesif. Akibatnya, Anda pun akan sering bertengkar karena memperjuangkan kebebasan Anda.

Walaupun terlihat tidak berbahaya, Anda juga harus waspada bahwa sifat ini bisa menjadi awal mula hubungan yang tidak sehat.

Apabila pria yang Anda cintai mulai suka mengatur cara berpakaian, dengan siapa Anda harus bepergian, hingga membatasi komunikasi dengan teman Anda, waspadalah. Batasan memang berguna untuk menciptakan kenyamanan di antara Anda dan pasangan, tetapi jika berlebihan tentu hal ini membuat Anda merasa terkekang.

Apabila pria yang Anda cintai mulai suka mengatur cara berpakaian, dengan siapa Anda harus bepergian,

3. Mengasingkan Anda dengan orang lain

Salah satu tanda bahwa pria sedang cemburu berat adalah mulai menjauhkan Anda dengan orang lain, khususnya lawan jenis.

Para pria ini biasanya tidak ingin Anda menghabiskan waktu dengan siapa pun, termasuk keluarga dan teman. Mereka menginginkan Anda hanya untuk diri mereka saja.

Misalnya, pasangan Anda mulai melarang untuk bertemu dengan teman-teman atau keluarga Anda. Jika Anda sudah menikah, ia bahkan mungkin tidak memperbolehkan Anda untuk sering-sering berkunjung ke rumah orangtua atau sekedar berkumpul dengan sahabat.

Perilaku tersebut dilakukan agar Anda tidak lagi memiliki tempat bernaung selain dirinya. Jika Anda bertengkar dengan pasangan, tentu saja Anda akan mencari orang lain untuk dimintai saran.

Hal yang paling pria takutkan adalah adanya orang lain yang menyarankan untuk meninggalkan dirinya.

Oleh karena itu, ‘pengasingan’ ini dilakukan agar pasangan Anda memiliki kontrol penuh atas diri Anda. Anda pun tidak lagi memiliki orang yang bisa diandalkan, selain dirinya.

Ketiga tanda yang menunjukkan bahwa pria Anda sedang cemburu memang sulit untuk dideteksi sebagai suatu bahaya. Bisa saja ia mengatakan bahwa begitulah caranya menunjukkan kasih sayang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini