nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Gunung Super Indah di Indonesia, Berapa yang Sudah Kamu Daki?

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 20:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 02 406 2073796 5-gunung-super-indah-di-indonesia-berapa-yang-sudah-kamu-daki-nyzqyojDmM.jpg Ilustrasi Gunung. (Foto: Okezone)

INDONESIA dikenal sebagai negara dengan banyak pegunungan. Hal ini dikarenakan lokasi Indonesia yang terletak di kawasan jalur pertemuan lempeng dunia Asia dan Australia, yang kemudian memunculkan rangkaian gunung api.

Indonesia juga dilintasi oleh dua jalur pegunungan muda, yaitu sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik, jadi tidak heran jika Indonesia memiliki banyak gunung.

Gunung-gunung di Indonesia pun menawarkan pemandangan indah yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Karena itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mendaki gunung, bahkan menjadikannya sebagai hobi.

Dari banyaknya gunung yang ada di Indonesia, Okezone merangkum beberapa gunung yang harus Anda nikmati. Dilansir dari berbagai sumber pada, berikut adalah lima gunung yang menawarkan pemandangan menakjubkan jika Anda berhasil mencapai puncak.

1. Gunung Merbabu

Gunung ini paling tepat didaki setelah musim hujan, ketika padang savananya mulai menghijau.

Gunung Merbabu yang sering disebut dengan kembaran Gunung Merapi ini, memang terkenl akan padang savananya yang indah. Gunung ini paling tepat didaki setelah musim hujan, ketika padang savananya mulai menghijau.

Jika Anda beruntung, Anda juga akan meilihat sunrise terbaik di puncak Gunung Merbabu, lengkap dengan awan cumulus yang tebal.

2. Gunung Bromo

Banyak wisatawan asing maupun domestik datang untuk menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Gunung Bromo.

(Foto: Malangtoday)

Gunung Bromo terletak yang terletak di Jawa Timur ini, nampaknya menjadi salah satu gunung yang paling terkenal di Indonesia. Banyak wisatawan asing maupun domestik datang untuk menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Gunung Bromo.

Pemandangan sunrise dan sunset di Gunung Bromo menjadi salah satu momen yang paling diburu wisatawan. Meskipun masih berstatus aktif, Gunung Bromo menjadi salah satu gunung terbaik di Dunia untuk didaki tanpa menggunakan bantuan porter.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru juga menjadi salah satu gunung favorit pendaki mancanegara.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini, menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Jawa. Tidak hanya pendaki lokal, Gunung Semeru juga menjadi salah satu gunung favorit pendaki mancanegara.

Terkenal dengan Ranu Kumbolo-nya, Gunung Semeru pastinya menawarkan keindahan yang akan memanjakan anda. Walaupun memiliki trek pendakian yang cukup susah, sesampainya di puncak, usaha yang telah anda keluarkan pastinya akan terbayar sepadan.

4. Gunung Rijani

Bisa dikatakan bahwa Rinjani merupakan gunung berapi paling indah di Indonesia.

(Foto: Trekkingrinjani)

Gunung Rinjani menawarkan banyak spot indah selama perjalanan mendaki Anda. Mulai dari savana yang luas, Bukit Penyesalan, Danau Segara Anak yang terkenal, sampai dengan hutan lebat. Semua itu bisa dinikmati jika pendaki melewati jalur Senaru.

Bisa dikatakan bahwa Rinjani merupakan gunung berapi paling indah di Indonesia. Selain itu, Gunung Rinjani sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan Internasional dan menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di dunia.

5. Gunung Kerinci

Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan internasional dan pecinta alam.

Memiliki ketinggian 3.805 mpdl menjadikan Gunung Kerinci sebagai gunung berapi aktif tertinggi se-Asia Tenggara. Gunung Kerinci memiliki alam yang masih begitu asri dan alami.

Selain menyuguhkan pemandangan yang mempesona seperti danau Bento, Gunung Kerinci juga menawarkan kekayaan flora fauna yang unik dan beragam. Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan internasional dan pecinta alam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini