nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Cara Atasi Kulit Perih Akibat Paparan Sinar Matahari

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 15:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 02 611 2073629 10-cara-atasi-kulit-perih-akibat-paparan-sinar-matahari-4HhnFjV099.jpg Kulit terbakar akibat sinar matahari (Foto: Reference)

MESKI banyak manfaat, terlalu lama berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan beberapa hal yang merugikan, salah satunya kulit terbakar (sunburn).

Sunburn adalah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari (UV) dan sangat meningkatkan risiko kanker kulit. Terlebih ketika Anda lupa memakai krim pelindung kulit, kulit Anda akan menjadi merah, meradang, sakit dan panas ketika disentuh.

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah hal tersebut, tetapi jika kulit anda sudah mengalami sunburn, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit tersebut.

Dikutip dari The Sun, Selasa (2/7/2019), Okezone telah merangkum 10 obat yang mudah ditemukan di rumah, untuk meredakan dan meringankan kulit terbakar dengan cepat.

1. Soothing lotion

Ada banyak lotion aftersun yang dapat Anda beli di apotek atau supermarket terdekat. Lotion tersebut dirancang khusus untuk mengurangi rasa terbakar dan juga membantu memperbaiki kulit yang rusak. Pilih lotion yang mengandung lidah buaya, karena ekstrak tanaman tersebut dikenal dapat membantu menenangkan luka bakar.

 Sinar matahari

2. Dinginkan

Gunakan sesuatu yang dingin di kulit Anda untuk membantu meringankan panas yang disebabkan oleh sinar matahari. Misalnya kompres dengan es, pancuran air dingin atau mandi air dingin semuanya dapat membantu menenangkan kulit. Jangan pernah menempelkan es langsung ke kulit Anda karena hal itu dapat menyebabkan rasa sakit dan kerusakan, bungkus dengan handuk atau kain flanel terlebih dahulu. Anda mungkin perlu mengulangi prosesnya beberapa kali, tergantung seberapa buruk pembakarannya.

3. Yoghurt

Jangan remehkan yoghurt, karenya nyatanya Anda bisa menggunakan yoghurt untuk meringankan sengatan sinar matahari. Mengoleskan yogurt di kulit Anda yang terbakar dapat memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan.Belum diketahui secara pasti mengapa itu terjadi, tetapi kemungkinan karena fakta bahwa yoghurt memiliki tingkat pH yang lebih tinggi, dapat digunakan untuk menenangkan panas.

4. Teh

Perawatan yang mudah ditemukan selanjutnya untuk kulit terbakar adalah teh. Sekali lagi, Anda tidak perlu meminumnya melainkan menggunakan teh celup dingin atau teh yang baru diseduh yang dibiarkan dingin lalu ditempelkan di kulit Anda. Asam tanat dalam teh hitam dianggap dapat membantu menarik panas dari luka bakar dan mengembalikan tingkat pH sehingga membantu menyembuhkannya.

5. Minum air

Ketika kulit terbakar matahari, Anda juga cenderung mengalami dehidrasi. Jadi sangat penting untuk memastikan Anda minum banyak air untuk menggantikan keringat dan juga apa yang Anda keluarkan melalui penguapan dari kulit. Bayangkan saja, jika kulit Anda sakit dan kering karena matahari, maka tubuh Anda juga merasakan hal yang sama. Plus, minum air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

 Masker susu

6. Susu

Kompres susu dingin juga akan membantu meringankan kulit terbakar. Susu mengandung vitamin A dan D, asam amino, asam laktat, lemak dan protein whey, dan juga kasein. Bahan-bahan inilah yang membantu kulit pulih. Vitamin membantu kulit untuk menyembuhkan sementara asam laktat mendorong kulit untuk menyingkirkan sel-sel mati, sehingga sistem kekebalan tubuh Anda tidak harus bekerja keras untuk memperbaikinya. Anda hanya perlu menuangkan susu ke dalam mangkuk, rendam kain flanel, dan biarkan di lemari es hingga dingin. Setelah dingin, tempelkan kain flanel ke kulit yang terbakar sinar matahari.

7. Obat penghilang rasa sakit

Jika kulit terbakar sangat buruk, Anda mungkin perlu sedikit bantuan untuk mengatasi rasa sakitnya. Anda bisa minum ibuprofen dan parasetamol untuk meringankan rasa sakit akibat terbakar sinar matahari. Tetapi pastikan untuk mengikuti arahan yang ada di kemasan. Secara umum orang dewasa hanya boleh minum tidak lebih dari dua tablet setiap empat hingga enam jam.

8. Krim

Ada banyak krim tanpa resep yang akan membantu memperbaiki kerusakan pada kulit Anda. Hal-hal seperti krim hidrokortison dapat membantu meringankan rasa terbakar, gatal, dan bengkak. Bicaralah dengan apoteker Anda tentang krim mana yang terbaik untuk digunakan sesuai dengan jenis kulit.

9. Mentimun

Mentimun sudah sering digunakan untuk menjaga mata tetap dingin selama facial, mentimun diyakini memiliki sifat antioksidan alami untuk mendinginkan luka bakar. Anda dapat mengirisnya dan mengoleskannya langsung ke kulit Anda atau tumbuk dan gunakan seperti krim. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa itu berhasil, mentimun pasti akan terasa dingin dan menyejukkan.

10. Vitamin E

Krim vitamin E bukan hanya pelembab yang luar biasa, mereka juga dapat meringankan kulit terbakar. Antioksidan diketahui membantu mengurangi peradangan, sesuatu yang biasa Anda alami ketikaberjemur. Anda dapat membeli krim atau minyak vitamin E dan mengoleskannya langsung ke kulit atau secara teratur meminum suplemen untuk menjaga kulit tetap kenyal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini