nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jacky Zimah Meninggal karena Infeksi Paru-Paru, Kenali Jenis-jenisnya

Muhammad Nazri, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 13:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 03 481 2074079 jacky-zimah-meninggal-karena-infeksi-paru-paru-kenali-jenis-jenisnya-GpTlC1XQ5V.png Jacky Zimah meninggal dunia karena infeksi paru-paru (Foto : Ist)

Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Pedangdut sekaligus bintang sinetron, Jacky Zimah dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 2 Juli 2019. Mantan suami Rita Sugiarto tersebut meninggal pada sekira pukul 20.00 WIB setelah dirawat 10 hari di RSUD Pasar Rebo.

Almarhum Jacky Zimah meninggal akibat penyakit yang dideritanya, yaitu infeksi paru-paru dan diabetes. Diketahui penyanyi dangdut legendaris tersebut telah berjuang melawan penyakitnya sejak lama. Di sini Okezone akan membahas mengenai penyakit infeksi paru-paru.

Jacky Zimah

Infeksi paru-paru memang bisa serius, ringan hingga mengancam jiwa. Namun, paling serius untuk bayi dan anak kecil, orang di atas usia 65 tahun atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Infeksi paru-paru seperti yang dialami Jacky Zimah sendiri terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya seperti yang Okezone rangkum berikut ini :

Radang Paru-paru (Pneuomonia)

Menurut situs resmi American Lung Association, radang paru-paru merupakan infeksi paru-paru yang umum disebabkan oleh kuman, seperti bakteri, virus, dan jamur. Hal tersebut dapat menimbulkan komplikasi flu. Penyakit ini menyerang anak-anak hingga orang dewasa.

Gejala pada radang paru-paru bervariasi dari yang sangat ringan hingga berat. Ia dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera diobati. Tanda dari gejala paru-paru berupa: batuk berlindir, demam yang menyebabkan berkeringat dan menggigil kedinginan, sesak napas, nyeri dada, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.

ronsen paru

Penanganan yang sebaiknya anda lakukan apabila didiagnosis terjangkit radang paru-paru adalah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter. Perawatan untuk jenis radang paru-paru tergantung pada jenis radang paru-paru yang dimiliki, seberapa sakit yang anda rasakan, dan berapa usia anda.

Kemudian meminum obat yang sudah diberikan oleh dokter. Apabila dokter memberikan antibiotik, maka minumlah antibiotik itu sampai habis. Jika anda berhenti sebelum antibiotik habis, anda berisiko terinfeksi dan meningkatkan kemungkinan kuman kebal pada pengobatan di masa yang akan datang.

Flu (Influenza)

Dilansir dari situs resmi American Lung Association, flu adalah infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus flu. Virus flu masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut melewati udara. Flu dapat menyebabkan penyakit ringan hingga parah, di beberapa kasus dapat menyebabkan rawat inap bahkan kematian.

Influenza terdiri dari 3 jenis yaitu, Influenza tipe A, tipe B, dan tipe C. Virus Influenza tipe A selain dapat menginfeksi manusia, virus tersebut juga dapat menginfeksi burung, babi, kuda, dan hewan lainnya.

sakit flu

Selain itu, ada juga virus Influenza tipe B yang biasanya hanya menjangkit manusia. Virus ini kurang parah dibandingkan tipe A. Influenza tipe C menyebabkan penyakit ringan pada manusia. Tipe C terjadi jauh lebih jarang dibandingkan tipe A dan tipe B. Pada tipe C hampir tidak memiliki gejala sama sekali.

Pada influenza, ada jenis virus flu lain, yaitu Flu Burung (H5N1), yang merupakan dari jenis virus Influenza tipe A. Untuk mengobati Influenza, anda disarankan untuk beristirahat di rumah dan tetap banyak minum air putih. Kemudian meminum obat sesuai dengan anjuran dokter.

Tuberkulosis (TB)

Dilansir dari situs resmi World Health Organization (WHO), tuberkulosis disebabkan oleh bakteri (Myctobacterium tuberculosis) yang paling sering menyerang paru-paru. Tuberkulosis dapat dicegah dan disembuhkan. Virus ini juga bisa menjangkit semua orang dengan segala usia.

batuk kronis

Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, seperti orang yang terjangkit HIV, kekurangan gizi, diabetes, dan perokok memiliki risiko jauh lebih tinggi terjangkit tuberkulosis.

Gejala umum tuberkulosis adalah batuk berdahak, batuk berdarah, nyeri dada, penurunan berat badan, dan demam. Mengobati tuberkulosis bisa dilakukan dengan melakukan pengobatan yang sudah disarankan oleh dokter dan diawasi oleh petugas kesehatan.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini