nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanda-Tanda Kehamilan Awal, Beberapa Tak Terjadi di Luar Dugaan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 17:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 03 481 2074150 12-tanda-hamil-muda-dari-yang-paling-lumrah-hingga-tak-terduga-WBOsJ9FNg0.jpg Tanda kehamilan (Foto: Ist)

Tanda-tanda kehamilan pada tiap perempuan secara faktual berbeda-beda karena manusia memiliki tubuh yang unik. Tak heran bahkan perempuan yang sudah punya anak sekalipun kadang masih tak sadar dirinya hamil lagi.

Situasi ini tak hanya berjalan sehari dua hari, dalam banyak kasus kehamilan seorang wanita baru disadari saat usia kehamilan lima bahkan enam bulan. Padahal, secara umum ciri-ciri kehamilan dapat teramati dengan sangat mudah. 

Berikut tanda-tanda kehamilan awal yang paling sering muncul di trimester pertama

1. Telat datang bulan

wanita telat haid

Salah satu ciri kehamilan paling umum adalah telat datang bulan 5 hari atau lebih dari seminggu sejak tanggal seharusnya. Tapi tanda ini tidak mutlak karena telat haid tidak hanya disebabkan karena kehamilan. Penyebab telat datang bulan di antaranya dapat disebabkan karena stres.

2. Cepat lelah

Tanda awal kehamilan lainnya adalah tubuh cepat lelah. Ibu hamil dapat mengalami kelelahan luar biasa di usia kehamilan 1 minggu. Pemicunya, saat wanita hamil, hormon progesteron akan meningkat drastis sehingga mengubah metabolisme tubuh.

Ibu hamil rileks

Faktor lainnya, selama hamil tubuh wanita secara otomatis melemahkan sistem imunnya sejak sebelum implantasi agar embrio dapat melekat dan menetap di rahim, sehingga tubuh jadi cepat lelah.

Selanjutnya, kadar gula darah dan produksi darah segar ibu hamil cenderung lebih rendah karena sebagian besarnya ditujukan ke rahim.

3. Kram perut

Kram perut bisa jadi tanda wanita hamil

Tanda kehamilan awal ini biasanya muncul berbarengan dengan flek kehamilan. Kram perut tanda awal kehamilan umumnya tidak terlalu sakit, hanya seperti dicubit, dan berlangsung singkat. Kram juga cenderung terpusat pada satu titik lokasi saja.

4. Keluar darah 

Flek kehamilan muncul sebagai efek embrio yang berhasil tertanam pada dinding rahim. Perdarahan berupa 1-2 tetes darah biasanya pada periode 10-14 hari setelah pembuahan, dan berlangsung selama 1-3 hari. 

5. Payudara dan puting susu jadi besar dan keras

Ciri hamil selanjutnya adalah adanya perubahan pada payudara dan puting susu. Payudara perempuan akan tampak lebih besar, berat, padat, dan keras dari biasanya pada masa awal munculnya tanda kehamilan. 

Perubahan bentuk ini juga diikuti dengan rasa nyeri dan lebih sensitif. Perubahan payudara tanda hamil mulai terjadi di pekan ke-4 sampai 6, sementara perubahan warna puting dan areola sekira minggu ke-11 kehamilan. 

6. Mual-Mual 

Kepekaan mencium bau ibu hamil meningkat drastis selama masa kehamilan. Hal ini yang menjelaskan banyak ibu hamil muda gampang pusing, mual dan muntah, atau bahkan rusak mood-nya seketika hanya karena mencium bau tertentu. 

Baca Juga : Daftar Kandungan Kosmetik yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Padahal, mereka mungkin tidak merasa kenapa-kenapa dengan aroma tersebut sebelum hamil. Ciri-ciri hamil muda ini biasanya muncul pada minggu keenam.  

Tanda kehamilan awal di atas adalah ciri-ciri umum kehamilan. Terdapat tanda spesifik lain yang bisa jadi hanya terjadi pada individu tertentu. Berikut tanda-tanda kehamilan khusus: 

1. Sakit kepala 

Peningkatan hormon dan aliran darah secara tiba-tiba diyakini sebagai penyebab utama sakit kepala bagi ibu hamil. Tubuh wanita akan menampung sekira 50 persen volume darah tambahan saat mengandung. 

2. Sembelit 

Gangguan perut seperti sembelit, susah BAD dan perut kembang bisa dijadikan tanda kehamilan bagi perempuan. 

Baca Juga : Ibu Hamil Tak Boleh Angkat Beban Berat Ternyata Cuma Mitos, Ini Faktanya!

Masalah sembelit dan susah buang besar muncul akibat kenaikan hormon progesteron yang menyebabkan pergerakan usus jadi lebih lambat untuk menyalurkan makanan hingga ke ujung anus. Alhasil feses lebih sulit dikeluarkan. 

3. Sering kencing 

Hati-hati jika anda sering kencing, bisa jadi ini tanda kehamilan awal. Musababnya saat perempuan hamil, perubahan hormon membuat kandung kemih jadi lebih sensitif sehingga wanita lebih sulit menahan pipis. 

4. Mimisan hingga gusi berdarah 

Perubahan hormon saat wanita hamil dapat memicu mimisan, gusi berdarah hingga sering pilek tanpa alasan karena hidung menjadi tersumbat. 

Jika mengalami tanda-tanda kehamilan di atas alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan Anda hamil atau tidak. Langkah sederhana lainnya bisa dilakukan dengan melakukan tes kehamilan sendiri menggunakan test pack kehamilan.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini