6 Hal Sederhana yang Bisa Bikin Seorang Introvert Bahagia

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 04 196 2074755 6-hal-sederhana-yang-bisa-bikin-seorang-introvert-bahagia-z6VM5jDHqc.jpg Hal sederhana yang bisa bikin seorang introvert bahagia (Foto : Introvertdear)

Menurut teori kepribadian, setiap orang memiliki beberapa sifat introvert dan ekstrovert. Namun, setiap orang cenderung lebih condong ke satu kepribadian.

Ekstrovert misalnya, mereka menerima energi dari interaksi sosial. Sedangkan introvert lebih memilih ketenangan dan memiliki sifat pendiam untuk mengisi ulang energi mereka. Introvert dan ekstrovert memiliki sifat kepribadian yang berbeda, oleh karena itu hal-hal yang membuat mereka bahagia juga sangat berbeda.

Jika Anda seorang introvert , maka Anda harus membaca sampai tuntas. Karena Okezone akan merangkum beberapa hal sederhana dari berbagai sumber tentang bagaimana menjadi introvert yang bahagia seperti berikut : 

1. Temukkan waktu terbaik untuk sendirian

Mungkin sudah jadi sifat introvert. Tapi hal tersebut bisa jadi penganggu hubungan dengan sahabat baik Anda atau keluarga Anda jika tidak diatur dengan benar.

Bayangkan jika Anda memilih waktu siang hari untuk menyendiri di dalam kamar. Dan Anda sering melakukannya. Keluarga Anda akan khawatir. Sahabat baik Anda pun akan khawatir. Jadi, buatlah jadwal me time dengan hati-hati.

“Me time” adalah waktu di mana Anda bisa bersenang-senang melakukan apa yang diinginkan. Anda bisa memutar musik keras-keras, bernyanyi tidak sesuai nada, atau membaca buku-buku tebal. Tidak ada orang yang bisa menganggu me time, termasuk keluarga dan sahabat baik Anda.

pria dengerin musik

2. Waktu untuk menyalurkan hobi

Seperti orang kebanyakan, introvert juga butuh waktu sendirian untuk bisa menyalurkan hobi yang dimilikinya, mau itu menulis, membaca, menggambar atau memasak. Mereka butuh waktu sendiri untuk menyalurkan hobi agar bisa meningkatkan kualitas dan kebahagiaan hidupnya.

Membaca buku

3. Melepas lelah dan mengisi ulang energi

Introvert juga membutuhkan waktu sendirian dan tenang untuk melepas lelah dan mengisi ulang energi mereka. Sebagian besar Introvert memiliki ritual sendiri untuk mengisi ulang energi mereka.

Jika momen sederhana ini tidak didapati Introvert, mereka bisa menjadi mudah tersinggung, badmood dan cepat marah. Mereka perlu menyisihkan waktu secara teratur untuk memulai hari esok kembali.

perempuan introvers

4. Percakapan yang mendalam

Nggak seperti anggapan pada umumnya, introvert bisa kok berbasa-basi jika dalam keadaan mendesak. Tapi introvert memang nggak suka basa-basi dan lebih memilih melakukan percakapan mendalam mengenai berbagai macam topik.

Introvert akan puas bila mengobrol secara mendalam, nggak cuma topik berat, tapi bisa juga topik ringan namun dibahas secara lengkap dari berbagai perspektif.

Perempuan Curhat

5. Seseorang yang bisa mendengarkan mereka

Meski suka melakukan segala sesuatu seorang diri, namun introvert juga ternyata membutuhkan seseorang yang bisa mereka jadikan sebagai tempat untuk berbagi dan seseorang yang bisa mendengarkan semua keluh kesah mereka. Tidak perlu banyak-banyak, setidaknya mereka membutuhkan satu teman saja yang akan selalu ada untuk mereka.

Perempuan curhat senang

6. Luangkan waktu untuk membangun hubungan berkualitas dengan anggota keluarga

Jika Anda seorang introvert, maka tidak perlu malu menceritakan semua hal kepada anggota keluarga lainnya. Luangkan waktu untuk mengobrol bersama, nonton TV, atau berlibur dengan anggota keluarga lainnya. Itu mungkin adalah hal terindah dalam hidup ini.

Seorang introvert cenderung lebih merasa terbuka dengan keluarganya, dikarenakan mereka adalah orang-orang yang sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan mereka dan selalu menerima apa adanya. Jadi, hal itu dapat membuat seorang introvert merasa nyaman.

Curhat ke ibu

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini