nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rendang Kembali Diklaim Milik Malaysia, Jefri Nichole: Jan Ethes Juga!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 08:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 04 298 2074410 rendang-kembali-diklaim-milik-malaysia-jefri-nichole-jan-ethes-juga-5ErxifGA4R.JPG

MASIH ingat kasus klaim rendang oleh Malaysia pada 2012? Di mana Malaysia menyatakan kalau rendang adalah makanan asli negeri Jiran tersebut.

Namun, sikap Malaysia itu langsung ditanggapi serius oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ya, dalam pernyataan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf Achyaruddin, pihaknya telah mendaftarkan rendang sebagai makanan asli Indonesia di UNESCO.

"Makanan tradisional dari Sumatera Barat itu (rendang) telah didaftarkan ke UNESCO pada 2010 dengan nomor registrasi 776," kata Achyaruddin kala itu.

Lepas 7 tahun berlalu, polemik klaim Malaysia terkait rendang sepertinya bakal bangkit kembali. Pasalnya, belum lama ini muncul sebuah video yang memerlihatkan seorang perempuan yang jika didengar logat bicaranya dia berasal dari Malaysia dan dia menyatakan kalau rendang milik Malaysia.

Video tersebut dibagikan di akun Twitter penyanyi @salpriadi_ Dalam video tersebut, begini ucapan si perempuan yang mengenakan baju cokelat beranting biru itu;

"Right? Say yes, rendang itu milik Malaysia, ya!"

Video berdurasi 6 detik itu kini menjadi pembicaraan publik di lini media sosial. Video pernyataan tersebut kini sudah ditonton sebanyak 115 ribu kali dan mendapat cukup perhatian publik.

Setelah pernyataan si perempuan ini viral, akhirnya banyak netizen yang angkat bicara. Salah satunya ialah akun Twitter @maulanasuef yang memberi tanggapan lucu dan menarik.

"Ambil aja, Fadli Zon juga ambil aja, Lucinta Luna juga ambil aja, apalagi dua orang ini ambil aja nggak pakai debat. Ikhas aja sih," katanya.

Asal Usul Rendang

Selain itu, ada juga netizen yang coba menengahi perseteruan ini. Adalah akun @Mamperd yang menyatakan kalau di salah satu daerah di Malaysia, warga di sana memang makan rendang.

"Maaf nih kak, tapi memang di Malaysia ada daerah yang namanya Negeri Sembilan yang orang-orangnya suku Minang yang mungkin entah zaman kerajaan dulu terpengaruh sampai sana. Jadi, ya bisa aja dong ada yang kebawa contohnya makanan. Kenapa sih yang ginian aja diributin," ungkap dia.

Di sisi lain, ada juga netizen yang berkomentar cukup menyentil. Ya, dikatakan Fathurrizal Ahdiyaka, jangan-jangan Malaysia dulunya pulau di Indonesia, tapi kemudian diklaim juga.

"Jangan-jangan dulu Malaysia itu nggak ada, aslinya pulau Indonesia tapi diakui "Pulau ini milik Malaysia, ya" kwkwkwkwk," tegas @Fthradyka.

Sementara itu, komentar yang cukup menggelitik datang dari aktor Jefri Nichole. Mengetahui ada video viral perempuan yang mengklaim rendang milik Malaysia, Jefri memberikan komentarnya.

"Jan Ethes juga dari Malaysia," begitu kata Jefri.

Komentar singkat Jefri ini ternyata ikutan viral. Sampai berita ini dimuat di Okezone, sudah ada 2,9 ribu netizen yang menyukai cuitan tersebut. Sementara itu, ada 792 netizen yang membagikan ulang pernyataan tersebut.

Mengetahui ada komentar itu dari Jefri, netizen pun ikut angkat bicara. Salah satunya datang dari @xxvnxx_ yang menyatakan kalau Upin Ipin itu dari Indonesia. Kemudian, rekannya menjawab, "DARI MNC TV". Lalu dibalas kembali oleh @xxvnxx_, "Diem lu, lagi emosi ini," tegasnya.

 So, bakal seperti apa akhir dari pertikaian rendang ini? Kita pantau bersama, ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini